Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Sosok 

Siapa bilang pendekar hanya bisa berkelahi dan tawuran saja. Di Kabupaten Tuban, para jawara perguruan silat merintis usaha kerajinan tangan berbahan bambu ori yang banyak tumbuh di kawasan perbukitan kapur. . Foto Khusni Mubarok
Pendekar Silat Rintis Kerajinan Berbahan Bambu
Selasa, 16-05-2017 | 10:17
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Sering kita dengar di beberapa daerah terjadi tawuran antar perguruan silat. Bahkan perkelahian antar pendekar sudah menjadi tradisi yang sulit dihindari. Namun hal seperti itu tidak berlaku di Desa Guwo Terus, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban.

Empat perguruan silat besar mendirikan padepokan, yang jaraknya saling berdekatan. Diantaranya yaitu Persaudaraan Setia Hati Terate atau PSHT, IKS PI Kera Sakti, Margalluyu 151, dan Bunga Islam.

Tak hanya menjalin hubungan harmonis, para jawara ini juga bekerjasama merintis usaha kerajinan tangan. Memanfaatkan tanaman bambu ori yang banyak tumbuh di kawasan perbukitan kapur sekitar, mereka membuat kerajinan hias, berupa rumah adat, tempat ibadah, dan acecoris lain.

Meski belajar secara otodidak, hasil karya para pendekar silat ini tidak perlu diragukan.

Menurut Kholik Yuliamin, Pendekar Silat, untuk membuat miniatur rumah adat atau tempat ibadah, waktu yang dibutuhkan sekitar dua minggu. Untuk acesoris hiasan rumah, seperti tempat tisu, tempat handphone, gatungan kunci dan lain sebagainya, hanya membutuhkan dua hari.

Pemesan kerajinan berbahan bambu datang dari Tuban dan beberapa daerah sekitar, seperti Lamongan dan Bojonegoro. Harga yang diawarkan antara Rp70 ribu sampai Rp1,5 juta tergantung bentuk, ukuran, dan tingkat kesulitan.

"Ini dari bambu, 100 persen dari bambu. Karena disini bambu melimpah. Bentuknya rumah adat, tempat ibadah, dan acesoris lain, seperti tempat hp, tempat polpen," kata Kholik.

Miniatur berbahan bambu ori ini tidak hanya dibuat sesuai selera pengrajin. Pembeli juga bisa memesan miniatur idamannya, hanya dengan menunjukan foto dari berbagai sudut. (pul)

Berita Terkait

16-05-2017 | 10:17
Pendekar Silat Rintis Kerajinan Berbahan Bambu
06-05-2017 | 15:09
Jalan Santai Santri Sarungan Bareng Pendekar Silat Madiun
18-10-2016 | 13:46
Polisi Mojokerto Amankan 35 Pendekar Silat
16-10-2016 | 16:59
Diikuti Ribuan Pendekar Silat, Suran Agung Tanpa Insiden


Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber