Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Kontes the smallest bantam chicken atau ayam serama ini diadakan Pemerintah Kota Surabaya di Taman Flora Bratang Surabaya. Foto Yus
Kontes Ayam Serama Selalu Mengundang Tawa
Senin, 15-05-2017 | 01:08
Oleh : Yusmana Windarto
Surabaya pojokpitu.com, Meski berbadan paling mungil, tampilan dan gaya di atas cat walk justru mengundang tawa. Ayam yang diklaim sebagai ayam terkecil di dunia ini, Minggu siang berlaga dalam sebuah kontes.

Kontes the smallest bantam chicken atau ayam serama tingkat nasional ini, digelar Oleh Pemerintah Kota Surabaya, menjadi momen yang menghibur masyarakat. Kontes yang ditempatkan di Taman Flora , Bratang Surabaya ini diikuti 350 peserta dari berbagai daerah seluruh Indonesia.

Para peserta ini berasal dari Makassar, Solo, Jakarta, Aceh, Yogyakarta, Sulawesi, Blitar, Malang, Gresik, Sidoarjo, dan Surabaya. Para peserta membawa puluhan ayam serama, mulai usia anakan, remaja, hingga dewasa.

Dalam kontes ini, juri menilai bentuk tubuh ayam, gaya lenggak-lenggok di catwalk, dan perilaku ayam saat mengikuti pola giring pemilik. Tentu saja, tingkah laku ayam di atas catwalk ini mengundang tawa para pengunjung.

Dengan bentuk dada membusung, sayap sejajar tubuh dan ekor yang tegak, memberikan kesan bahwa ayam ini sangat pemberani. Kontes ayam serama, memiliki sejumlah atribut yang dinilai oleh juri. Sejumlah penilaian itu diantaranya bentuk tubuh ayam, baik juga fisik dan keindahannya. Namun, penilaian ini difokuskan pada gaya ayam saat musik dihidupkan.

Menurut Suhardiyanto, peserta asal Blitar, untuk mempersiapkan ayam serama membutuhkan waktu beberapa bulan. Selain rutin memandikan, memberi vitamin, dan makanan yang bergizi, ayam serama ini butuh perawatan agar bentuk bulu dan tubuhnya mempesona.

Selain ayam serama, digelar pula kontes ayam pelung dan ketawa. Kontes ini disambut antusias oleh peserta kontes dan masyarakat Surabaya. (pul)

Berita Terkait


Cukup Pedas, Sensai Makan Mie Ayam Hitam

Inovasi Baru Ayam Geprek Mozarela Berhasil Memikat Konsumen

Satpol PP Segel Kandang Ayam

Kontes Ayam Serama Diikuti Peserta Se-Nusantara


Satpol PP Segel Kandang Ayam

Warga Blawi Protes Satpol PP Gara-Gara Kandang Ayam

Kontes Ayam Serama Diikuti Peserta Se-Nusantara

Mentok Berkaki Ayam, Gegerkan Warga Sukowidi
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber