Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Disperindag Kediri Sidak Apel Berbakteri, Apel Lokal Laris Diburu Pembeli
Kamis, 29-01-2015 | 17:45 wib
Oleh : Unggul Dwi Cahyono
Kediri pojokpitu.com, Guna mengantisipasi peredaran buah apel berbahaya merek royal Gala dan Grand Smith dari amerika dinas perindustrian dan perdagangan melakukan sidak di pasar grosir dan swalayan kota jawa timur kamis siang (29/01) sementara dengan adanya apel berbakteri berimbas pada apel lokal yang penjualannya semakin meningkat.

Para petugas dinas Perindustrian Perdagangan Pertambangan dan Energi kota Kediri Jawa Timur langsung mendatangi lapak demi lapak para pdagang guna memburu buah yang diimpor dari Amerika, karena diduga mengandung bakteri yang berbahaya bagi kesehatan. Selain itu dinas terkait juga memberikan himbauan kepada para pedagang untuk sementara waktu tidak menjual apel dari Amerika untuk jenis tertentu.

Dengan adanya larangan tersebut berimbas pada pedagang buah apel lokal di pasar grosir kota Kediri, apel lokal jenis Ana dari batu Malang yang warnanya mirip seperti buah apel Amerika penjualannya laku 2 kali lipat setiap harinya. Hal itu membuat harga jual juga meningkat yang biasanya dijual 6000 sekarang menjadi 10 ribu rupiah per kilogramnya.
 
Tidak hanya di pasar grosir namun sidak kali ini juga mendatangi swalayan Superindo. Meskipun sudah tidak ada lagi apel dari Amerika yang dijual, namun kemarin petugas dinas Perindagtamben mendapati apel dari Amerika yang masih dipajang. saat ini Rini Ariani selaku Store Manager Superindo langsung memerintahkan anak buahnya untuk menarik apel untuk tidak dijual.

Kepala bidang perdagangan Disperindag kota Kediri Dwi Rahman mengatakan kegiatan sidak ini dilakukan sejak kemarin (28/01) hingga hari ini (29/01).
 Untuk sidak hari ini dilakukan di pasar grosir kelurahan Ngronggo kota Kediri.

Di tempat ini petugas Disperindag kota Kediri tidak menemukan buah impor yang dimaksud tetapi kemarin saat sidak di dua titik pusat perbelanjaan di mall.
Petugas sempat mengambil sampel buah apel dengan nama  produk yang dimaksud diindikasi kalau merk yang dimaksud khususnya yang berasal dari California diduga mengandung bakteri berbahaya

Sementara dinas Perindagtamben kota Kediri akan terus memantau peredaran apel, serta akan terus melakukan sidak setiap hari guna mengantisipasi masuknya apel berbakteri ke kota Kediri.(fer)




Berita Terkait


Cuaca Buruk, Harga Apel Anjlok

Karena Angin Kencang, Beberapa Petani Apel Kota Batu Gagal Panen

Apel Hari Jadi Kota Unik, Pakai Busana Nusantara dan 6 Bahasa

Ribuan Personel Gabungan Siaga Amankan Pilkades Serentak


Apel Hari Santri, Polisipun Juga Bersarung

Polres Malang Gelar Apel Siaga Jelang Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden

Polda Jatim Gelar Apel Pengamanan Pelantikan Presiden

Jelang Pelantikan Presiden dan Kesiapsiagaan Bencana, Polres Trenggalek Gelar Apel Pasukan
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber