Berita Terbaru :
Nasib Mahasiswa Thailand Ditengah Covid 19
Warga Gelar Senam Corona Setiap Siang
Hari Terakhir, 3.598 Napi Jatim Dibebaskan
Antisipasi Pemudik, Pemerintah Lumajang Siapkan Ruang Karantina
Relawan Berikan Bantuan Face Shield Kepada Rumah Sakit
Rujak Bawean Menjadi Kuliner Pelepas Rindu Perantau Dari Pulau Putri
Kabupaten Trenggalek Umumkan Pasien Pertama Positif Corona
Tim Medis Minim APD, Awak Media Salurkan 100 Unit Baju Hazmat
Kondisi Dua Warga Bapak Anak Positif Corona Terus Membaik
Wabah Corona, Pengusaha Konveksi Produksi Masker Handmade Dengan Motif Kekinian
Baru Bebas Lantaran Progam Asimilasi, Residivis Dihajar Warga Usai Kepergok Curi Motor
Forkopimda Beri Karangan Bunga dan APD Kepada Para Medis
Dampak Covid-19 Ratusan Napi Lapas Kediri Dibebaskan
SMKN 4 Madiun Siapkan APD Pesanan Pemprov Jatim
Diduga Terobos Traffic Light, Beat Tabrak Vega
   

Hewan-Hewan Indonesia Yang Terancam Punah
Rehat  Kamis, 16-04-2015 | 14:00 wib
Reporter : Pulung Aji
Hewan-Hewan Indonesia Yang Terancam Punah. Jalak Bali Foto:net
pojokpitu.com, Indonesia itu merupakan negara tropis yang memiliki suhu hangat, aneka budaya, negara kepulauan yang sangat indah dengan kawasan pantai yang panjang dan luas membuat indonesia memiliki berbagai macam jenis ikan maupun hewan.

Dari sekian banyak hewan yang hidup di Indonesia beberapa dari hewan hewan tersebut terancam punah karena penebangan hutan, pencemaran lingkungan, perburuan liar, perdagangan hewan langka. Luas habitat yang berkurang dengan adanya pembangunan besar besaran membuat kecemasan yang sangat buruk bagi negara indonesia.  Berikut jenis jenis hewan yang terancam punah.

1.Elang  Jawa
Elang Jawa merupakan salah satu jenis burung pemangsa terlangka di dunia. Berdasarkan data termutakhir, elang jawa telah dimasukan dalam kategori ?bahaya? karena kemiripannya dengan lambang negara, elang jawa disebut sebagai burung nasional Indonesia. Elang Jawa hidup di sekitar pulau jawa dan menempati kawasan hutan. Elang Jawa adalah pemangsa utama yang memegang peranan penting dalam menjaga keseimbangan dan fungsi dari bioma hutan di jawa.

2.Jalak Bali
Populasi dari Jalak Bali sedang dalam bahaya. Selain elang jawa,  Jalak Bali adalah salah satu dari sekian burung terlangka di dunia. Jalak Bali dewasa memiliki ciri ciri sayap putih dengan garis hitam, ekor tipis dan daerah biru di sekitar matanya. Hewan asli pulau bali ini memiliki habitat asli di sepanjang hutan barat laut dengan mendiami hutan monsun dan akasia.

3.Anoa Pegunungan
Anoa Pegunungan adalah hewan yg terancam punah berikutnya. Walaupun masih merupakan kerabat dari sapi liar, namun ukuran tubuh Anoa terbilang kecil dan seukuran dengan tubuh rusa. Hewan asli indonesia ini hanya hidup di Sulawesi dan di dekat pulau Buton. Sifat hewan ini yang pemalu dan jarang terekspos membuat informasi yang didapat sangat sedikit. Beberapa informasi yang di dapat antara lain hewan ini diketahui hidup di ketinggian antara 500 hingga 2000 meter. Mendiami wilayah hutan lebat dengan tumbuhan beragam, serta ada pula yang menyebutkan bahwa mereka hidup di kawasan hutan yang relatif terbuka dengan sumber air.

4.Bangau Hitam
Bangau hitam atau bangau tongtong memiliki habitat asli di wilayah Asia, khususnya India, Indo Cina, Myanmar, Hong kong, Filipina, dan Indonesia kecuali Irian dan Maluku. Selain itu mereka juga mulai menyebar ke Afrika. Burung ini biasanya hidup di daerah rawa, sungai, hutan bakau, sawah, dan hutan terbuka. Tubuhnya berwarna hitam, kecuali leher dan perut bagian bawah berwarna putih dengan panjang tubuh yang dapat mencapai 91 cm.
uniknya, spesies bangau ini merupakan satu satunya yang tidak melebarkan kaki dan sayap pada saat terbang. Gaya kehidupannya pun beragam. Bangau hitam bisa hidup menyendiri, berpasangan, atau berkelompok.

5.Hiu Karpet Berbintik
Hiu Karpet berbintik memiliki pola kulit yang indah. Hewan eksotis ini warnanya sangat mirip dengan macan tutul dari afrika yang ciri khasnya memiliki tutul tutul coklat heksagonal yang bagian tengahnya berwarna pucat. Bintik bintik kecil gelap menutupi moncong, dan yang lebih besar terletak tepat di belakang sirip. Hewan ini hidup di habitat air dangkal di sekitar terumbu karang, pasir, dan rumput laut yang lebat. Jika anda ingin melihat hewan unik ini, anda dapat pergi dan menyelam di daerah perairan papua.(pul)



Berita Terkait

Dewan Dukung Penutupan Pasar Hewan, Ini Alasannya

Tak Menguntungkan, Pemkot Bakal Tutup Pasar Hewan

Jual Beli Hewan Dilindungi Berujung Penjara

Proyek Rehabilitasi Pasar Hewan Lumajang Dinilai Bermasalah Sejak Awal
Berita Terpopuler
Rujak Bawean Menjadi Kuliner Pelepas Rindu Perantau Dari Pulau Putri
Icip - Icip  5 jam

Baru Bebas Lantaran Progam Asimilasi, Residivis Dihajar Warga Usai Kepergok Cur...selanjutnya
Peristiwa  8 jam

Diduga Terobos Traffic Light, Beat Tabrak Vega
Peristiwa  9 jam

SMKN 4 Madiun Siapkan APD Pesanan Pemprov Jatim
Pendidikan  9 jam



Cuplikan Berita
Jalan Darmo dan Tunjungan Surabaya Ditutup 2 Minggu
Pojok Pitu

Berburu Manisnya Buah Srikaya Puthuk Tuban
Pojok Pitu

Banjir Rendam Tiga Titik Jalan Penghubung Antar Kecamatan
Jatim Awan

Zona Merah di Jatim Menjadi 23 Kabupaten Kota, Kasus Positif 187 Orang
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber