Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Bunga Memiliki Bau Yang Tidak Sedap
Kamis, 16-04-2015 | 13:22 wib
Oleh : Pulung Aji
pojokpitu.com, Bunga biasanya memiliki identik dengan baunya yang harum. Namun, kali ini kami akan membahas tentang bunga yang memiliki bau yang tidak sedap. Bahkan lebih ke baunya yang busuk. Meskipun baunya yang busuk, bunga berikut memiliki ketertarikan sendiri.

1.    Titan Arum (Corpse Flower)
Titan Arum sering dijuluki bunga bangkai, yang menunjukkan sebagai bunga dengan bau terburuk di dunia. Baunya seperti bau busuk mayat. Penyerbuk utamanya adalah lalat, berbeda dengan bunga mawar serta bunga harum lainnya dengan penyerbuk utama serangga seperti lebah. Maka tak heran saat berdekatan dengan bunga jenis ini, harus membawa masker atau bersiap muntah.  Bunga ini juga termasuk bunga raksasa, seperti sedang membungkus lapisan bunga didalamnya yang kemudian akan mekar hingga berukuran lebar dengan perbungaan bercabang terbesar di dunia. Satu-satunya kabar baik tentang bunga ini adalah, bunga mekar dalam waktu singkat hanya berlangsung sekitar 24 hingga 48 jam dalam 6 tahun sekali.

2.    Eastern skunk cabbage
Bunga unik ini memiliki bau seperti bau hewan Sigung, dan tumbuh secara alami di lahan basah di bagian timur Amerika Utara dengan penyerbuk utamanya adalah lalat dan Stoneflies. Bunga ini melakukan adaptasi terhadap lingkungan dengan menghasilkan panas internalnya sendiri. Suhu internal yang lebih tinggi tidak hanya memungkinkan bunga untuk melindungi diri dari salju yang menutupi tanah, tetapi juga dapat membantu untuk menarik penyerbuk dengan meniru panas yang dilepaskan oleh mayat segar. Kabar baiknya, tanaman ini juga dikenal memiliki sifat obat, dan telah digunakan untuk pengobatan asma, epilepsi, batuk dan rematik.

3.    Raflesia Arnoldii (corpse flower)
Selain titan arum, Raflesia Arnoldii pun disebut sebagai bunga bangkai karena bau yang dihasilkannya sangat busuk layaknya mayat atau tumpukan sampah busuk. Saat menciumnya dari jarak dekat akan tersa menyengat dan membuat mual mual. Raflesia Arnoldii adalah bunga individu terbesar di dunia, dengan penyerbuk utama adalah lalat. Meskipun bunga ini menyebarkan aroma berbau busuk, namun bunga Raflesia adalah bunga yang dijadikan bunga nasional di Indonesia dan termasuk dilindungi. Jika saja bunga ini tidak berbau, maka bunga Raflesia mungkin merupakan salah satu bunga terindah karena mekarnya bunga ini benar-benar lebar dan indah. Bahkan Raflesia Arnoldii dapat mekar hingga diameter mencapai 3 meter.

4.    Carob Tree
Bunga mekar dari pohon Carob mungkin terlihat tidak berbahaya, tapi ini adalah salah satu pohon yang tidak akan anda jadikan tempat berteduh dikala sedang liburan. Bunga jantan dikenal menghasilkan bau yang cukup menyengat. Ironisnya, polong biji yang dihasilkan oleh pohon ini sangat berharga. Kacang-kacangan yang banyak dibudidayakan dan polong biji dapat dihancurkan dan digunakan sebagai cokelat. Mengagumkan, karena dibalik aromanya yang bau menghasilkan manfaat yang besar.

5.    Bulbophyllum Phalaenopsis
Anggrek adalah tanaman berbunga yang menjadi satu dari beberapa bunga terindah dan populer di dunia. Namun demikian jenis anggrek terbesar Bulbophyllum Phalaenopsis, memiliki bau yang tidak enak. Baunya seperti tikus mati yang membusuk. Situ, bunga anggrek jenis ini memiliki bulu berwarna merah muda yang terdapat di New Guinea. Baunya digunakan untuk menarik perhatian penyerbuk seperti lalat.(pul)



Berita Terkait


Satpol PP Amankan Tiga Purel dan Puluhan Liter Miras

Gelar Razia Gabungan, Petugas Amankan Empat Wanita dan Satu Jerigen Tuak

Perajin Pot Bunga Dari Daur Ulang Kain Bekas

Mirip Sakura, Tabebuya Kuning Bermekaran Jadi Spot Foto


Bersitegang Dengan Warga Saat Razia, Petugas Gabungan Diteriaki Maling

Tim Gabungan Padamkan Kebakaran Semeru

Tim Gabungan Amankan Dua Pasangan Kumpul Kebo dan Enam Botol Miras

Tim Gabungan Lakukan Pemadaman Api Semeru

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber