Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Indonesia Eksport Kapal Perang Kedua ke Philipina
Selasa, 02-05-2017 | 19:51
Oleh : Arip Purwanto
Surabaya pojokpitu.com, Kapal perang Strategic Sealift Vessel (SSV) resmi dieksport ke Philipina. Kapal perang ini merupakan kapal kedua pesanan Kementerian Pertahanan Filipina.

Kapal perang ini dilepas Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Ryamizard Ryaccudu, didampingi Wakil Menteri Pertahanan Bidang Kebijakan Pertahanan Filipina Ricardo David Jr, Selasa pagi, di dermaga divisi kapal niaga PT PAL Indonesia (Persero).

Kapal SSV ini telah melalui serangkaian uji coba dan pengetesan serta siap diserahkan ke Kementerian Pertahanan Filipina.

Kapal yang memiliki panjang 123 meter dan lebar 21 meter ini diproduksi atas hasil lelang internasional yang diadakan Kementerian Pertahanan Filipina pada 2014 silam. 

Kapal pertama telah dilepas pada 8 Mei 2016 oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan telah digunakan untuk operasi militer dalam penanggulangan ganguan keamanan dan ketentraman di wilayah territorial Filipina.

Kapal SSV ini dapat menampung hingga 621 penumpang mampu bertahan di lautan selama 30 hari dengan bobot maksimal 7.200 ton. Berkecepatan 16 knots dengan mesin pendorong 2 x 2,920 kw, mampu menampung tank, kendaraan tempur, mobil tumah sakit, hingga kapal patroli dan transporter.

"Kapal SSV ini merupakan kapal hasil inovasi dari produksi kapal sebelumnya, kapal landing platform dock (LPD) alih teknologi dengan Korea," jelas Ryamizard Ryaccudu, Menteri Pertahanan RI.

Diharapkan, keunggulan hasil kerja keras insan PAL Indonesia membuahkan hasil dengan mengharumkan nama bangsa dalam kemandirian alat utama sistem senjata (alutsista). Selain dari dukungan pemenuhan kebutuhan alutsista dalam negeri, sebagai BUMN turut meningkatkan pertumbuhan perekonomian bangsa.(end)

 
 


Berita Terkait


Tiga Tersangka OTT Kapal Perang Segera Disidangkan

Kapal Perang Tiongkok Sandar di Pelabuhan Tanjung Priok Sampai 26 Juli

OTT Suap Kapal Perang PT PAL, Agus Nugroho Terancam Pidana 5 Tahun

Empat Kapal Perang India Sandar di Pelabuhan Jamrud


PT PAL Ekspor Kapal Perang Strategic Sealift Vessel

Indonesia Eksport Kapal Perang Kedua ke Philipina

PT PAL Kembali Produksi Kapal Perang Pesanan TNI AL

Dirut PT PAL, Tersangka Suap Kapal Perang Jalani Pemeriksaan Perdana
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber