Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Triwulan Pertama, Ekspor Impor Jatim Anjlok
Rabu, 15-04-2015 | 16:52 wib
Oleh : Atiqoh Hasan
pojokpitu.com, Menguatnya dollar dua bulan terakhir berdampak pada Perkembangan ekspor impor di Jatim sepanjang triwulan 1 tahun 2015. Pasalnya, bukan hanya impor yang menurun tetapi ekspor juga anjlok.

Dari data Badan Pusat Statistik Jatim, ekspor Jatim sepanjang triwulan 1 tahun 2015 anjlok sebesar 3,49%. Penurunan ini lantaran pengaruh pertukaran dollar terhadap rupiah yang fluktuatif dua bulan terakhir. 

"Penguatan dollar seharusnya berdampak pada kenaikan nilai ekspor. Namun, lantaran perjanjian jual beli ekspor masih menggunakan harga lama, menyebabkan nilai ekspor ikut menurun. Meski demikian, masih ada komponen ekspor yang menyumbang kenaikan yang didominasi oleh perhiasan mencapai 35,7%," jelas Setyowati, Kabid Neraca wWlayah dan Analisis BPS Jatim, Rabu (15/4).

Selain ekspor, nilai impor triwulan 1 tahun 2015 juga mengalami penurunan hingga 15,28%. Diduga penurunan ini lantaran pelemahan rupiah membuat sejumlah pengusaha mengerem pembelian. Hingga saat ini, impor bahan baku masih menjadi komoditas impor utama mencapai 83%.(ern)

Berita Terkait


Triwulan Pertama, Ekspor Impor Jatim Anjlok


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber