Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Pakar Hukum : Tahanan Kabur, Itu Kesalahan Infrastruktur Penjara
Rabu, 19-04-2017 | 18:25
Oleh : Yusmana Windarto
Surabaya pojokpitu.com, Setelah berhasil menangkap tiga dari tujuh tahanan yang kabur dari penjara Polsek Tambaksari, kini Polda Jawa Timur kembali direpotkan dengan kasus yang sama di Polres Malang.

Sebanyak 17 tahanan Polres Malang berhasil kabur dari penjara, setelah menjebol plafon kamar mandi. Akibatnya, kini Polda Jatim membentuk tim khusus untuk mengejar belasan tahanan yang kabur tersebut.
 
Menanggapi kasus kaburnya tahanan ini, Ketua Pusat Studi Korupsi dan Kebijakan, Fakultas Hukum, Universitas Airlangga, Iqbal Felisiano, menyatakan bahwa terdapat celah kesalahan yang dilakukan oleh kepolisian.
 
Pertama, adanya kesalahan infrastruktur penjara di kantor polisi, baik di kepolisian sektor maupun resort. Selama ini, penempatan area penjara di kantor polisi hampir disamakan dengan desain rumah.
 
Teralis besi di atas plafon penjara tidak dipasang secara kokoh. Sehingga, penghuni penjara kerap memanfaatkan kelemahan ini sebagai jalan keluar untuk kabur.
 
Kedua, terdapat blank spot, atau area yang lolos dari pengawasan petugas polisi jaga, terutama pada kamera intai atau CCTV. Selama ini, CCTV kerap dimanfaatkan secara pasif atau kurang maksimal, karena tanpa ada penjaga khusus untuk mengawasi aktifitas melalui kamera intai.
 
Ketiga, hingga kini, sistem penjagaan terhadap pembesuk kerap diabaikan. Karena beberapa kasus menyatakan bahwa benda-benda yang semestinya dilarang masuk ke dalam penjara, justru telah berada di tangan para tahanan.
 
Diharapkan, pihak kepolisian segera mengerjakan pekerjaan rumahnya untuk memperbaiki infrastruktur penjara yang buruk. Selain itu, polisi segera merombak sistem atau jadwal jaga yang selama ini dinilai kurang ketat.(end)
 



Berita Terkait


Napi Teroris Kembali Coba Kabur dari Lapas Kelas IIA Bojonegoro

Menara Pengawas Tanpa Pejaga, 2 Narapidana Lapas Tuban Kabur

Polres Malang Kembalikan 17 Tahanan Kabur ke Sel

Kejaksaan Lumajang Buru Tahanan Kabur


Satu Lagi Tahanan Kabur Malang Ditembak Kakinya dan Ditangkap

Satu Lagi Tahanan Kabur Tertangkap Kembali

Lagi, 3 Tahanan Kabur Diringkus Polres Malang

Penangkapan Inisiator Tahanan Kabur, Genapi 7 Tahanan Kembali ke Sel
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber