Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Persaingan Kerajinan Kulit di tengah Trend Mode Dunia
Sabtu, 15-04-2017 | 17:03 wib
Oleh : Dewi Imroatin
Surabaya pojokpitu.com, Tanggulangin merupakan salah satu daerah pusat kerajinan kulit. Walaupun bisnis tersebut telah ada sejak lama dan turun-temurun, tapi untuk bisa tetap kokoh berkembang pesat menjadi tantangan tersendiri.

Ini dikatakan Zainul Lutfi, salah satu pemilik kerajinan kulit di Tanggulangin. Untuk bisa tetap bertahan dan mampu mengembangkan bisnis ini di tengah persaingan mode memang menjadi tantangan tersendiri.

Menjawab tantangan itu, dirinya berupaya terus menciptakan kerajinan yang mengikuti trend mode dunia, tanpa melupakan kearifan lokal. Ini menjadi hal utama agar kerajinan kulit ini tetap bisa berkembang baik.

"Para pengerajin dituntut kreatif dan inovatif dalam menghasilkan sebuah kerajinan kulit. Selain berkaca pada trend mode dunia, tetap berbagai keunggulan yang menjadi kearifan lokal harus juga menjadi garis dalam membuat sebuah kerajinan. Dengan begitu, karya yang dihasilkan tidak sekedar trendy dan modis, tapi juga memiliki khas budaya lokal," ungkap pria yang duduk sebagai anggota DPRD Jatim ini.

Sementara itu, terkait serbuan produk impor, khususnya dari China, Zainul Lutfi menegaskan, produk dari China bukan saingan produk Tanggulangin dikarenakan kualitas produk China jauh dibawah produk Tanggulangin.

"Produk China bahannya bukan dari kulit, sehingga kualitasnya jauh dibawah produk Tanggulangin," ungkap Politisi dari Fraksi PAN ini.

Zainul Lutfi berharap kerajinan kulit di Tanggulangin tidak hanya mampu menguasai pasar domestik, tapi juga dikenal di pasar international. Untuk itu, peningkatan kualitas para pengerajin terus dilakukan agar mampu menghasilkan barang yang memiliki daya saing dan berstandart international agar Tanggulangin bisa menjadi pusat mode dunia.(end)


Berita Terkait


Persaingan Kerajinan Kulit di tengah Trend Mode Dunia


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber