Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Upaya penyelundupan bibit lobster jenis mutiara dan pasir ini terungkap, melalui pemeriksaan X Ray di pintu Keberangkatan Domestik, Bandara Juanda. Foto Usrox
Kali Kedua Dalam Minggu Ini, Penyelundupan Bibit Lobster Digagalkan
Senin, 10-04-2017 | 15:00 wib
Oleh : Usrox Indra
Sidoarjo pojokpitu.com, Untuk waktu sepekan Satgaspam Bandara Juanda kembali menggagalkan upaya penyelundupan 7.200 bibit lobster. Kali ini bibit lobter dibawa salah satu penumpang dengan tujuan Batam, dan kembali dikirim ke Vietnam.

Bibit lobster ini terbungkus rapi dalam 12 kain serabut basah, yang diselipkan dalam sebuah koper yang bercampur dengan baju dan celana bekas. Ribuan bibit lobster ini, dibawa oleh Linda, warga Bandung, yang hendak melakukan penerbangan dari Surabaya menuju Batam, dengan menggunakan penerbangan Lion Air, nomor penerbangan JT-971.

Upaya penyelundupan bibit lobster jenis mutiara dan pasir ini terungkap, melalui pemeriksaan X Ray di pintu Keberangkatan Domestik, Bandara Juanda. Setelah memeriksa barang bawaan Linda, petugas langsung menemukan ribuan bibit lobster, dengan harga jual per ekornya sebesar Rp 100 ribu.

Dari keterangan pelaku, barang bawaan tersebut merupakan titipan dari seseorang bernama Shinta yang ia kenal dari akun media sosial facebook. Dirinya juga dijanjikan akan mendapatkan uang Rp 3 juta, jika barang tersebut diterima oleh pemesan di Batam.

Dari keterangan petugas, ribuan bibit lobster nantinya akan kembali di kirim ke Vietnam dengan harga jual 4 kali lipat dari harga jual dalam negeri. Upaya penyelundupan ini  telah melanggar undang-undang 45 tahun 2009, tentang perikanan, dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara, serta denda Rp 2 milyar. (pul)

Berita Terkait


Jual Lobster Dibawah Ukuran, Pengusaha Ikan Asal Muncar Ditangkap Polisi

Terdakwa Kasus Penjualan Bibit Lobster Divonis Satu Tahun 6 Bulan

Polres Trenggalek Berhasil Menangkap Penyalur Bibit Lobster

Kali Kedua Dalam Minggu Ini, Penyelundupan Bibit Lobster Digagalkan


Ribuan Bibit Lobster Hasil Tangkapan Dilepas di Pantai Popoh

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber