Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Kegiatan ini juga sebagai upaya memupuk rasa kerukunan antar ummat bergama. Meskipun warga harus berjubel untuk bisa mendapatkan paket sembako. Foto Mualimin
Jelang Perayaan Ceng Bing, Warga Tionghoa Bagi Sembako
Jum'at, 07-04-2017 | 21:10 wib
Oleh : Saiful Mualimin
Jombang pojokpitu.com, Jelang peringatan tradisi ceng bing, atau menjelang upacara nyekar kepada arwah leluhur, warga Tionghoa di Jombang membagikan paket sembako kepada warga kurang mampu.

Ratusan warga tengah mengantre untuk mendapatkan sedekah beras dari warga Tionghoa perkumpulan Kematian Margo Langgeng, di Desa Denanyar Kecamatan Jombang. Dengan membawa kupon yang telah dibagikan sebelumnya, warga rela mengantre cukup lama. Dengan bantuan aparat keamanan, warga terhindar dari berdesakan.
 
Masing-masing warga mendapatkan sedekah berupa satu paket 2,5 kilogram beras untuk satu kepala keluarga. Pembagian ini hanya untuk warga yang tinggal di sekitar area pemakaman khusus warga Tionghoa. Jumlah penerima sedekah mencapai 500 warga lebih. Dengan ceng bing ini agar kerukunan antar umat beragama tetap terjaga.
 
Sarpiah salah satu penerima sembako grats mengaku senang bisa mendapatkan bantuan. Pasalnya di tengah sulitnya hidup saat sejumlah harga kebutuhan meningkat warga masih diberi bantuan.
 
Sementara itu Chandra Iwanto Ketua Perkumpulan Kematian Warga Tionghoa mengatakan pembagian beras ini merupakan sedekah warga Tionghoa pada bulan ceng bing. Diyakini merupakan bulan nyekar pada makam leluhur yang jatuh pada bulan April. "Sedekah diberikan kepada warga sekitar area makam, dengan harapan semuanya terhindar dari marabahaya," kata Chandra Iwanto.

Tradisi ceng bing ini dihidupkan kembali oleh perkumpulan Kematian Margo Langeng setelah selama ratusan tahun tidak pernah digelar. (pul)

Berita Terkait


Puncak Imlek Warga Tionghoa di Kota Mojokerto Gelar Kirab Budaya dan Pawai Harmoni Kebangsaan

Jelang Perayaan Ceng Bing, Warga Tionghoa Bagi Sembako

Di Gedung Setan , Puluhan Warga Tionghoa Hidup Tidak Layak

Di Hari Imlek, Begini Harapan Pemain Keturunan Tionghoa


Ribuan Etnis Tionghoa Surabaya Ikut Upacara Kemerdekaan RI ke 73

Warga Tionghoa di Jombang Bagi Sembako Kepada Waraga Kurang Mampu

Pilwali Probolinggo, Dukungan Pengusaha Tionghoa Mengalir ke Paslon Handal - Brilian

Perempuan Tionghoa Peringati Hari Kartini

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber