Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Salah satu kegiatan Pesantren Ar Rahman Jember. Foto: Kosasih
Menguatkan Pandangan Islam Melalui Pesantren Seni Budaya
Selasa, 14-04-2015 | 13:40 wib
Oleh : Felli Kosasi
Jember pojokpitu.com, Sebuah pesantren di Jember, mencoba memberikan pemahaman Islam yang sesungguhnya. Santri tidak hanya dibekali ilmu Al Quran dan Al Hadist, tapi justru banyak diajarkan seni dan budaya.

Santri di Pesantren ArRrahman, Desa Mumbulsari, Kecamatan Mumbulsari Jember, berdiskusi tentang budaya islam dan kearifannya merupakan aspek utama yang diajarkan. Di pesantren ini, para santri tidak hanya diajarkan mengaji  atau pendidikan formal lainnya, melainkan menyisipkan pesan moral melalu seni dan budaya. Santri diajarkan cara mengartikulasikan tentang keindahan peradaban manusia, dan alam semesta, melalui tarian, musik, teather, dan melukis.

Untuk santri yang mempunyai bakat di bidang usaha, pesantren menyiapkan lahan untuk berwirausaha. Mulai budidaya ikan, burung berkicau dan usaha ekonomi kreatif lainnya.

Menurut pengasuh pondok pesantren Ar Rahman, Gus Oong, sengaja ingin memberikan warna baru dalam mengajarkan agama Islam dengan kreatifitas berkesenian, ekonomi kerakyatan dan religiutas.

"Pola pengajaran tersebut dianggap efektif, setidaknya untuk memfilter ajaran dan faham radikalisme yang kini merambah dikalangan santri dan pesantren," kata Gus Oong pengasuh Pesantren Ar Rahman

Santri yang belajar di pesantren ini datang dari berbagai latar belakang, mulai pelajar, mahasiswa, pengusaha, hingga musisi. Sejumlah nama besar di bidang seni lahir dari pesantren ini. Diantaranya Opick, Carlie hingga almarhum Uje.

Selain pendidikan non formal, pesantren juga membuka sekolah formal mulai tingkat TK, SD, SMP hingga SMA. Serta seluruh siswanya tidak dipungut biaya. (pul)



Berita Terkait


Rencana UU Pondok, Solusi Pembentukan Karakter Bangsa

Kunjungi Pesantren, Mentri Susi Beri Santri Ikan Tuna Lima Ton

Pondok Pesantren Diserang Orang Tak Dikenal

Ratusan Lansia Jadi Santri Pesantren Ramadhan


Termakan Isu Kiamat, Sepasang Suami Istri di Mojokerto Ikut Mengungsi ke Pondok Pesantren Malang

BBJT Gelar Pelatihan Penulisan Kritik Sastra Pesantren

Penetapan Daftar Penilih Tambahan, KPU Masih Sasar Pesantren

Ekspansi Bank Jatim Ke Pesantren Sesuai Program Kerja Gubernur Khofifah

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber