Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Puncak Cuaca Extrim Berpontensi Banjir dan Puting Beliung di Jawa Timur
Kamis, 06-04-2017 | 15:44 wib
Oleh : Usrox Indra
Sidoarjo pojokpitu.com, Memasuki perubahan cuaca pada bulan April ini dari musim penghujan ke kemarau, BMKG Jawa Timur menghimbau masyarakat Jawa Timur harus lebih waspada. Bencana angin putting beliung dan curah hujan yang ekstrim bisa mendadak terjadi sewaktu - waktu.

Fenomena angin putting beliung dan curah hujan tinggi pada bulan April ini akan sering terjadi secara mendadak. Hal itu ditandai dengan adanya awan pekat atau awan comulunimbus (CB). Kemudian, terjadi penurunan suhu yang drastis hingga muncul perubahan arah angin secara mendadak, juga sebagai pemicu terjadinya angin puting beliung. 
 
Terkait fenomena angin putimg beliung, pihak BMKG menghimbau, kepada masyarakat, khususnya Jawa Timur untuk lebih waspada, jika tanda-tanda itu muncul. Tanda - tanda memungkinkan akan muncul angin putting beliung dengan kecepatan mencapai lebih dari 50 km/jam. Seperti yang terjadi di Sidoarjo dan Surabaya beberapa waktu lalu .
 
Selaan itu, pada bulan April ini, BMKG juga memprediksi, angin putting beliung dan curah hujan tinggi, biasanya akan muncul pada sore menjelang malam, karena pengaruh pertumbuhan awan CB, yang didalamnya terdapat dorongan sirkulasi udara. 

Selain angin kencang,juga hujan deras bisa terjadi sehingga masyarakat terutama di lereng - lereng gunung agar waspada terhadap bencana hujan deras secara sporadis yang bisa mengakibatkan lonsor .
 
Dari hasil pemantauan BMKG Juanda, dimungkinkan angin putting beliung  atau curah hujan tinggi ini akan terjadi di sejumlah kota, kabupaten di Jawa Timur yang memiliki daerah hamparan luas di bagian timur dan barat, seperti Sidoarjo, Lamongan, dan Bojonegoro dan di beberapa Kota Tapal Kuda. Demikian disampaikan Taufik, Prakirawan BMKG Jawa Timur di Juanda Sidoarjo.(end)

Berita Terkait


Puncak Cuaca Extrim Berpontensi Banjir dan Puting Beliung di Jawa Timur


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber