Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Sosok 

Di Desa Ini Para Juragan Layangan Kumpul
Senin, 03-04-2017 | 15:24
Oleh : Anas Muslimin
Pasuruan pojokpitu.com, Layang-layang merupakan permainan mengasyikan bagi banyak orang. Mulai dari anak anak hingga orang dewasa.

Di Desa Sekarputih, Kecamatan Gondang Wetan, Kabupaten Pasuruan, menjadi sentra penghasil layang-layang, karena hampir semua warganya menggeluti pekerjaan menjadi perajin layang-layang.

Setiap harinya, sejumlah warga sibuk merakit layang-layang. Pekerjaan membuat layang-layang sudah menjadi pekerjaan turun temurun, dan layang-layang hasil produksi dikirim ke sejumlah daerah di Indonesia.

Di Desa Sekarputih, terdapat 500 lebih perajin layang-layang, yang memiliki peran sendiri-sendiri. Mulai dari perajin yang meraut bambu menjadi kerangka layang-layang, hingga perajin yang menempelkan kertas pada kerangka layang-layang. Sehingga menjadi layang-layang yang siap dijual.

Salah satu perajin kerangka layang-layang, Sulton. Mengaku dalam satu hari mampu membuat 200 kerangka layang-layang untuk memenuhi pesanan pelanggan. "Namun saat ini sedang mengalami kesulitan bahan baku bambu, padahal pesanan sangat banyak dari para pelanggan," kata Sulton.

Sedangkan pengepul layang-layang, Zaini , mengatakan bahwa saat ini gambar yang sedang ngetren bermotif tokoh kartun anak-anak. Seperti gambar kartun micky mouse dan spiderman.

Sementara itu Perangkat desa, Arifin  mengatakan, di Desa Sekar Putih ada 500 perajin layang-layang yang tersebar di empat dusun. Yakni Dusun Krajan, Pesanggrahan, Trewung, Bendo. "Pekerjaan menjadi perajin layang-layang di desa sekarputih ini, sudah menjadi pekerjaan turun temurun warga, sejak puluhan tahun yang lalu," kata Arifin.

Untuk harga layang-layang, pengepul mematok harga Rp 300 per biji. Dalam satu hari, pengepul mampu mengirimkan empat ribu biji layang-layang ke sejumlah daerah di Indonesia. (pul)


Berita Terkait


Di Desa Ini Para Juragan Layangan Kumpul

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Koneksi Gagal Mas query= insert into deteksi_terpopuler (urut,tgl,jam,key_urut_berita,judul_berita,ip,jumlah_baca,perangkat) values ('1157239','2017-11-22','10:27:01','43992','Di Desa Ini Para Juragan Layangan Kumpul ','54.162.250.227','1','desktop')