Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Hukum 

Saksi Ahli : Harusnya Gunakan Business Judgment Role, Bukan Government Judgment Role
Jum'at, 24-03-2017 | 17:01 wib
Oleh : Usrox Indra dan Bagus Setiawan
Surabaya pojokpitu.com, Mantan Ketua Mahkamah Kontitusi, Hamdan Zoelva, dihadirkan sebagai saksi ahli dalam sidang lanjutan dugaan kasus korupsi pelepasan aset PT PWU.

Dalam keterangannya, Hamdan Zoelva, menyebutkan bahwa pengelola dan pertanggungjawaban dalam kekayaan negara di BUMN atau BUMD yang berbentuk PT, harus tunduk pada Undang - Undang Perseroan Terbatas. Sehingga dalam pengawasannya harus mengedepankan prinsip business judgment role, bukan government judgment role.

Saksi ahli menegaskan, kedua prinsip ini berbeda, dimana business judgement rule berorientasi untuk kepentingan yang menguntungkan perusahaan, sementara government judgment rule berkaitan dengan pelayanan publik. Namun, jika bisnis dinilai dengan government judgment role, menurutnya tidak dibenarkan.

Sementara, menanggapi keterangan saksi ahli, jaksa penuntut umum (JPU) berkilah, keterangan saksi sangat menguntungkan pihaknya.

Namun, apa yang disampaikan oleh JPU dengan dalih tersebut, dimentahkan oleh kuasa hukum Dahlan Iskan. Menurut Agus Dwi Warsono, apa yang disampaikan saksi ahli, sudah jelas bahwa aturan Permendagri nomer 3 tahun 1989 tentang BUMD yang berbentuk PT tunduk pada aturan Undang - Undang PT.

Dalam sidang yang telah berlangsung hingga 21 kalinya ini, lagi - lagi dua saksi dari jaksa penuntut umum, yaitu Sofyan Lesmanto dan Alim Markus berhalangan hadir. Sidang sendiri kembali digelar Selasa minggu depan.(end) 


Berita Terkait


JPU Tuntut Wisnu Wardana 5 Tahun Penjara

Saksi Ahli : Harusnya Gunakan Business Judgment Role, Bukan Government Judgment Role

Dahlan Iskan Hari Ini Jadi Saksi Atas Terdakwa WW

Kesaksian Sam Ditolak Dahlan Iskan


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber