Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Begini Cara Peternak Lele Menyiasati Cuaca Ekstrem
Kamis, 23-03-2017 | 11:30 wib
Oleh : Unggul Dwi Cahyon, Muhammad Zainurofi
Berita Video : Begini Cara Peternak Lele Menyiasati Cuaca Ekstrem
Kediri pojokpitu.com, Cuaca ekstrem yang terjadi di waktu tertentu tiap tahun, membuat produktivitas benih lele turun 20 persen. Lain halnya terjadi di Kawasan Wates Kediri, kini para peternak mencari akal agar benih lele yang mereka budidayakan tidak mudah mati.

Petani di Desa Joho Kecamatan Wates Kabupaten Kediri, berupaya mengantisipasi dampak cuaca ekstrem yang mengakibatkan populasi benih lele mati. Caranya, mereka mendirikan sebuah tempat layaknya gubuk, dan juga mengganti spesies ikan yang ramah dengan berbagai cuaca.

Mutif salah satu peternak di Desa Joho Wates mengatakan, keberadaan gubuk untuk penangkal cuaca ekstrem bisa untuk saat musim cuaca hujan maupun kemarau. Untuk perawatan dilakukan dengan cara pengontrolan air, mulai dari kedalaman hingga ke asaman air. "Para peternak disini menggunakan alat untuk mengukur keasaman air. Selain itu, menggunakan benih lele mutiara yang dikenal kuat terhadap cuaca ekstrem," kata Mutif Nadhiri.

Sementara itu, Hadi Nur Hafid Plt Kepala Dinas Peternakan mengaku, di wilayahnya banyak sekali peternak lele. Mereka rata-rata berkelompok. Untuk cuaca ekstrem ini perlu pemilihan spesies seperti lele mutiara, dan juga pengelolaan menggunakan alat teknologi seperti tehnik ukur kualitas air.

"Untuk jumlah kelompok peternak lele di Kabupaten Kediri sebanyak 120 tersebar di semua kecamatan," kata Hadi Nur. (pul)

Berita Terkait


Begini Cara Peternak Lele Menyiasati Cuaca Ekstrem

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber