Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

PVMBG Sebut Desa Purworejo Rawan Bencana Tanah Gerak Susulan
Minggu, 12-03-2017 | 02:27
Oleh : Doni Diadon, Sujarismanto
Pacitan pojokpitu.com, Masyarakat korban tanah gerak di Dusun Krajan, Desa Purworejo, Pacitan, dituntut lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana tanah gerak yang berpotensi berulang.

Berdasarkan hasil penelitian Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pergerakan tanah di wilayah itu sulit ditanggulangi. Sebab, di area tersebut terdapat aliran air bawah tanah.  

Daerah padat penduduk di wilayah Dusun Krajan dinilai cukup berbahaya untuk dijadikan sebagai tempat hunian. Bangunan rumah rusak berat akibat bencana tanah gerak pun diminta untuk tidak dihuni. 

"Jika curah hujan tinggi mengguyur wilayah setempat dalam waktu lama, masyarakat dihimbau untuk segera meninggalkan rumah menuju lokasi yang lebih aman dari ancaman tanah gerak," imbau Pudjono, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Pacitan. 

Bencana tanah gerak di Desa Purworejo, Pacitan, ini merusak 19 bangunan rumah milik warga. Empat rumah di antaranya rusak berat. 

Sebagian warga tetap beratahan di area terdampak dengan mendirikan bangunan rumah semi permanen, dan beberapa di antaranya tetap nekad menempati bangunan rumah yang sudah dalam kondisi rusak.(end)


Berita Terkait


PVMBG Sebut Desa Purworejo Rawan Bencana Tanah Gerak Susulan

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Koneksi Gagal Mas query= insert into deteksi_terpopuler (urut,tgl,jam,key_urut_berita,judul_berita,ip,jumlah_baca,perangkat) values ('1691601','2017-12-12','11:40:20','42767','PVMBG Sebut Desa Purworejo Rawan Bencana Tanah Gerak Susulan','54.227.127.109','1','desktop')