Berita Terbaru :
KPU Siapkan Satu TPS Khusus Lapas
Hari Santri, Rapat Paripurna Anggota DPRD Gunakan Atribut Santri
Masuk Zona Kuning Covid-19, Permohonan Izin Hajatan Membludak
Ketua DPRD : Santri Harus Komitmen Jaga Pancasila
Peneliti Unej Temukan Melinjo Berpotensi Suplemen Cegah Covid 19
Dikpora Ajukan Izin Pembelajaran Tatap Muka SMP
Peringati Hari Santri Nasional, Satlantas Polres Bojonegoro Bagikan Ratusan Masker dan Handsanitizer
   

Dari Tangan Sunaryo, Barongan Telah Tembus Pasar Internasional
Sosok  Sabtu, 25-02-2017 | 21:11 wib
Reporter : Agus Bondan, Muhammad Imron Danu
Berawal dari kecintaannya pada kesenian kuda lumping, seorang pemain barongan di Tulungagung membuat barongan sendiri. Tak disangka, karya-karya barongan buatannya banyak diminati kolektor mancanegara. Foto Danu
Tulungagung pojokpitu.com, Kesenian tradisional kuda lumping atau jaran kepang, sangat digemari masyarakat. Khususnya masyarakat mataraman, seperti Tulungagung, Kediri, Blitar, Trenggalek, Serta Nganjuk. Setiap kali ada pementasan, bisa dipastikan penonton mulai dari anak-anak hingga orang dewasa akan memadati arena pertunjukkan.

Salah satu pecinta kesenian kuda lumping itu adalah Sunaryo, warga desa Waung, Kecamatan Boyolangu, Tulungagung. Seni jaran kepang seakan telah menyatu pada dirinya dan keluarga. Bahkan anak bungsu Rizky Mainaki yang masih duduk di bangku taman kanak-kanak, telah piawai menari memainkan  barongan, dengan gerakan yang luwes dan trengginas .

Berawal dari kecintaannya terhadap kesenian kuda lumping khususnya barongan, mbah Naryo mencoba  membuat topeng barongan sendiri untuk dipakai bermain. Tak disangka ternyata barongan karyanya banyak diminati para pemain barongan lain. Sejak tahun 90-an, Sunaryo serius menekuni usaha pembuatan kerajinan barongan.

Untuk membuat barongan, Sunaryo memilih menggunakan kayu waru, karena ringan namun ulet dan kuat. Sebelum diukir, batangan-batangan kayu waru yang di dapat dari pedagang kayu asal Trenggalek seharga Rp 100 rupiah per satu meter. Kayu itu dibersihkan dari kulitnya, dihaluskan dengan mesin penyerut kayu, dibelah kemudian diukir sesuai dengan permintaan si pemesan.

Menurut Sunaryo, mengukir merupakan yang paling sulit  karena dibutuhkan ketelatenan.  Ada dua jenis barongan yang dibuat Sunaryo, yakni barongan Tulungagungan dengan ciri gigi taring keluar, dan barongan khas Kediri, dengan gigi ke dalam. Selesai diukir, barongan setengah jadi dihaluskan dan kemudian masuk tahap pengecatan.

"Untuk pengecatan dipilih warna warna kuat, seperti merah, kuning, hitam dan biru, untuk memunculkan kesan garang, sesuai dengan karakter barongan," kata Sunaryo.

Dalam satu bulan mbah Naryo mendapatkan pesanan 3 hingga empat barongan. dengan dibantu 4 orang pekerja, satu barongan dapat diselesaikan dalam waktu 1 minggu.

Sejak banyak grup seni tradisional jaran kepang, dan komunitas topeng barongan, menyebabkan pesanan selalu ramai. Pesanan datang tidak hanya dari pulau Jawa saja, namun juga dari Kalimantan  dan Sumatera. Bahkan hingga ke mancanegara seperti Malaysia, Korea Selatan, dan New Zealand . Satu buah barongan karya Sunaryo dijual antara Rp 500 ribu hingga Rp 3 juta tergantung ukuran dan tingkat kerumitan. (pul)






Berita Terkait

Kuda Lumping Ikut Meriahkan HUT Satpol PP dan Linmas Kota Batu

Dari Tangan Sunaryo, Barongan Telah Tembus Pasar Internasional
Berita Terpopuler
Peringati Hari Santri Nasional, Satlantas Polres Bojonegoro Bagikan Ratusan Mask...selanjutnya
Peristiwa  7 jam

Dikpora Ajukan Izin Pembelajaran Tatap Muka SMP
Pendidikan  6 jam

Peneliti Unej Temukan Melinjo Berpotensi Suplemen Cegah Covid 19
Pendidikan  5 jam

Ketua DPRD : Santri Harus Komitmen Jaga Pancasila
Peristiwa  4 jam



Cuplikan Berita
Kebakaran Pemukiman Padat Penduduk, Dua Rumah Petak Ludes Terbakar
Pojok Pitu

Diduga Korsleting Listrik, Dua Kafe di Area Alon-Alon Kota Terbakar
Pojok Pitu

Polisi Amankan 169 Orang Dalam Aksi Demo Lanjutan
Jatim Awan

Jelang Unras Omnibus Law, 61 Titik Dijaga Petugas Keamanan Gabungan
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber