Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Sindikat Satwa Ilegal dari Papua Mengaku Transaksi di Tengah Laut
Sabtu, 25-02-2017 | 16:46 wib
Oleh : Fakhrurrozi
Surabaya pojokpitu.com, Terbongkarnya penyelundupan satwa langka dari Papua ke Surabaya, terus diselidiki satuan reserse kriminal Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Polisi terus mengintensifkan pemeriksaan lima tersangka, yang ternyata sindikat penjualan satwa di Indonesia.

Pemeriksaan lima tersangka penyelundupan satwa ini terus dilakukan di ruang Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak. Hhasilnya, kelima tersangka ini mengaku sudah tujuh kali menyelundupkan satwa langka dari Papua ke Surabaya. Menariknya, sindikat penyelundupan satwa ini selalu bertransaksi di tengah laut, terutama perairan Madura sekitar Pulau Karang Jamuang.

Transaksi di tengah laut ini dilakukan karena ketatnya pemeriksaan di Pelabuhan Tanjung Perak oleh Kepolisian. 

AKP Ardian Satrio Utomo, Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menjelaskan, modus sindikat ini yakni mengangkut satwa dari Papua dengan kapal besar. Saat berada di tengah perairan Madura, satwa lalu dipindah ke kapal kayu untuk selanjutnya dibawa ke Surabaya melalui Madura.

Saat ini pihaknya masih memburu penadah satwa-satwa langka ini yang diduga tak hanya di Surabaya, tapi seluruh kota di Jawa Timur. 

Seperti diberitakan sebelumnya, polisi berhasil menggagalkan penyelundupan satwa langka dari Papua ke Surabaya. Ini setelah polisi menangkap dua kapal di perairan Madura, tak jauh dari Pulau Karang Jamuang. Dan satu kapal motor vertikal di Dermaga Nilam. Dalam penggerebekan ini, polisi mengamankan puluhan anak buah kapal (ABK) serta puluhan jenis satwa langka dari Papua. 

Total dalam penangkapan tiga kapal ini, polisi menyita barang bukti 40 ekor Bayan, 18 ekor Nuri kepala hitam, 7 ekor Queen Queen, 8 ekor Gagak, 6 ekor Kakak Tua jambul kuning dan Raja, 6 ekor Cendrawasih, 4 ekor Kangguru Wallabi, 3 ekor Landak dan 7 ekor Jagal besar dan kecil. Dalam pemeriksaan, polisi akhirnya menetapkan lima tersangka dan mengaku seluruh satwa didapat dari Papua. (mud) 

Berita Terkait


Polisi Gagalkan Penyelundupan Satwa Liar Dilindungi Dibawa Kapal Dari Sulawesi

BBKSDA Gagalkan Penyelundupan Satwa Dilindungi

Sindikat Satwa Ilegal dari Papua Mengaku Transaksi di Tengah Laut


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber