Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Kontes Robot Hidrolik dari Bahan Bekas
Sabtu, 25-02-2017 | 06:23 wib
Oleh : Selvy Wang
Surabaya pojokpitu.com, Puluhan pelajar SMA/SMK se-Jawa Timur beradu taktik dalam Kontes Robot Hidrolik di salah satu universitas swasta di surabaya. Uniknya, robot hidrolik dibuat dari bahan bekas.

Bukan hanya merangsang munculnya pelajar yang jago fisika maupun matematika, pemenang dalam Kontes Robot Hidrolik ini juga akan difasilitasi dengan dunia usaha.

Kontes Robot Hidrolik yang diikuti siswa SMA/SMK dari sejumlah daerah di Jawa Timur, seperti Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Malang, Sumenep, Pasuruan, dan Pamekasan. Kontes Robot Hidrolik ini digelar di Universitas Widya Kartika Surabaya.

Tiap tim terdiri dari dua pelajar yang diharuskan membuat robot hidrolik, yang terbuat dari bahan bekas, seperti suntikan bekas, sterofoam, dan kawat. Robot hidrolik yang dilombakan ini harus mampu melewati lintasan dan menyelesaikan target. 

Sejumlah pelajar mengaku, kesulitan dalam menggerakkan dan menyeimbangkan robot. Ini karena robot bisa bergerak, setelah ada tekanan dari suntikan yang dihubungkan dengan pipa plastik berisi air, sehingga tiap tim harus menjaga kekompakan.

Kontes Robot Hidrolik ini digelar, karena diharapkan para siswa SMA/SMK  mampu meningkatkan daya imajinasinya untuk teknologi. Terutama bagi pelajar yang jago fisika dan matematika. Sebab, meski sederhana, pelajar bisa berkreasi dari bahan hidrolik ini. Ini disampaikan Murpin Josua Sembiring, Rektor Uwika Surabaya.

Kriteria penilaian Kontes Robot hidrolik ini, tidak sekadar robot bisa bergerak. Namun, juga melaksanakan perintah sesuai target. Robot hidrolik ini juga tidak menggunakan perangkat mesin. Pemenang lomba, nantinya akan difasilitasi dengan dunia usaha. Bahkan, juara terbaik juga akan mendapat hadiah kesempatan kursus bahasa Korea Selatan.

Berita Terkait


Kontes Robot Hidrolik dari Bahan Bekas

Tiga Siswa SD Bikin Robot Hidrolik dari Stik Es Cream dan Suntik


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber