Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Sekolah Rusak , Siswa Diungsikan
Jum'at, 17-02-2017 | 16:05 wib
Oleh : Achmad Syarwani
Nganjuk pojokpitu.com, Bangunan Sekolah Dasar Negeri di Nganjuk, rusak parah. Dinding atap dari asbes ambrol. Kerusakan terjadi di semua ruang kelas.

Kondisi memperihatinkan dialami oleh siswa - siswi SDN Lestari I Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk. Anak - anak ini terpaksa mengikuti proses belajar mengajar dengan cara lesehan beralaskan tikar di ruang perpustakaan.

Siswi kelas I yang diungsikan di ruang perpustakaan juga tidak layak, sebab terjadi kebocoran di setiap sisi atap, saat terjadi hujan. Sementara kelas VI diungsikan di ruang pertemuan guru, yang juga rawan ambrol dan bocor.

Hal itu terpaksa dilakukan oleh pihak guru, sebab ruang kelas I dan  kelas VI rusak parah. Sebagian besar dinding atap dari asbes ambrol. Beruntung, ini terjadi pada sore hari saat sekolah sedang sepi.

Bagi siswa - siswi belajar di perpustakan sambil lesehan dilakukan karena mengaku takut jika belajar di ruang kelas, khawatir terjadi ambrol susulan. Ia meminta kepada pemerintah agar cepat dibangun kelasnya.

Sementara menurut Kepala Sekolah SDN Lestari I , kerusakan gedung sekolahnya terjadi secara bertahap yang dimlai dari tahun 2015 lalu dan bertambah parah pada tahun 2017, setiap atap kelas terjadi ambrol susulan, dan atap plafon melengkung makin rawan terjadi ambrol sususlan.

Sekolah yang dibangun dari dana alokasi khusus tahun 2006 lalu itu. Kini seluruh ruang kelas dari kelas I hingga VI rusak, terjadi retak - retak di bagian tembok dan lantai, bahkan plafon nyaris roboh. Sunarti, Kepala Sekolah SDN Lestari 1 mengaku, was was akan keselamatan siswa saat mengikuti proses belajar mengajar di dalam kelas.

Bahkan atap usuk genting terlihat melengkung dan sekolah rawan roboh. Kerusakan juga terjadi di ruang guru dan rumah dinas guru.

Pihaknya meminta kepada pemerintah Kabupaten Nganjuk untuk segera membagun kembali gedung sekolah, agar terjadi kenyamanan pada proses belajar mengajar dan tidak menimbulkan korban jiwa.(end)




Berita Terkait


Silpa Rp 1 Triliun, Sementara Gedung Sekolah Banyak Rusak

Mangkrak, Bangunan SD Kauman Rusak Berat

Sekolah Rusak , Siswa Diungsikan

Mendikbud Bilang, Sekolah Rusak Tanggung Jawab Bersama


Dewan Desak Dindik Segera Perbaiki Sekolah Rusak

Sekolah Rusak, Puluhan Siswa Belajar di Rumah Warga

Dua Sekolah Rusak Tertimpa Pohon
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber