Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Wanita Lebih Berani Buka Usaha Dibanding Laki-Laki
Rabu, 15-02-2017 | 18:00 wib
Oleh : Atiqoh Hasan
Surabaya pojokpitu.com, Di Indonesia, 14 persen dari jumlah populasi penduduk adalah pelaku usaha baru wanita. Artinya, 14 dari 100 orang yang membuka wirausaha baru, merupakan kaum wanita. Nilai 14 persen pelaku usaha baru wanita ini, membuat Indonesia berada di peringkat 20 dari 65 negara.

Dari hasil riset global entrepreneurship monitor menunjukan, ternyata perempuan dinilai lebih berani membuka usaha baru dibanding lelaki. Ini yang kini menjadi salah satu motivasi utama Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Jawa Timur, untuk terus melakukan pengembangan usaha kaum wanita.

Pengembangan pelaku usaha kecil, khususnya kaum wanita ini, akan dikembangkan melalui networking, yang kini sudah dijalin IWAPI dengan semua instansi di lingkup Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Melalui kerjasama ini, pelaku usaha pemula akan diberikan pembinaan dan pelatihan oleh dinas terkait, sesuai spesifikasi atau produk yang dihasilkan. Demikian dikatakan Susmiati Rahmawati, Ketua DPD IWAPI Jawa Timur.

Untuk awal tahun ini, sub produk yang akan difokuskan IWAPI adalah produk hasil laut. Hal ini sejalan dengan instruksi pemerintah, bahwa Indonesia sebagai negara maritim, maka hasil laut sudah seharusnya pula bisa maju. 

Indikator wanita yang melakukan usaha baru ini, sebagian besar didominasi usia produktif, antara 18 sampai 64 tahun. Dengan usia ini, sangat besar kemungkinan pelaku usaha wanita di Jawa Timur, akan mampu tumbuh dan bersaing di pasar internasional, jika mendapat bimbingan dan support penuh pemerintah.(end)



Berita Terkait


IWAPI Akan Buat Marketplace Untuk UMKM Yang Dikelola Wanita

Wanita Lebih Berani Buka Usaha Dibanding Laki-Laki

Ikatan Wanita Pengusaha Gelar Aksi Kepedulian Kabut Asap


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber