Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Kesehatan 

Lingkungan Perumahan Ini Didesain Anti Demam Berdarah
Senin, 13-02-2017 | 06:24 wib
Oleh : Rizqi Setiawan
Bondowoso pojokpitu.com, Beragam cara dilakukan untuk mengantisipasi penyakit demam berdarah yang terus mewabah di berbagai daerah. Di Bondowoso, sebuah lingkungan perumahan didesain tanpa got dan penampungan air, seluruh aliran air tertutup berada di dalam tanah.

Lingkungan bersih ini berada di Desa Penambangan Kecamatan Curahdami Bondowoso. Berada di wilayah kaki Gunung Argopuro, penataan lingkungan komplek perumahan didesain dengan konsep lingkungan asri dan bersih. 

Setiap rumah dibangun tempat sampah dari beton dengan penutup, sehingga bibit penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri dan kuman dari sampah tidak dapat berkembang dan menyebar kepada warga perumahan. 

Selain itu, saluran air pembungan dari limbah rumah tangga, dibuat tertutup, sehingga jentik nyamuk tidak dapat berkembang biak.
Penutupan saluran air limbah dimaksudkan agar penyakit demam berdarah yang selama ini meresahkan masyarakat dapat diminimalisir.

Di setiap sudut dipasang himbauan kepada warga, agar tidak membuang sampah sembarangan dan akan diberikan denda bagi warga yang melanggar.

Desain rumah juga dibuat tinggi dengan pencahayaan maksimal, agar sinar matahari dapat masuk ke seluruh ruangan sehingga menghindari kelembaban.

Diharapkan, lingkungan bersih penambangan dapat menjadi contoh bagi lingkungan lain di Bondowoso agar memilimalisir penderita penyakit akibat nyamuk, bakteri, dan kuman di tengah cuaca ekstrim yang terjadi akhir-akhir ini.

Berita Terkait


Lingkungan Perumahan Ini Didesain Anti Demam Berdarah

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber