Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Manfaatkan Ampas Kopi Menjadi Hasil Seni Bernilai Tinggi
Jum'at, 27-01-2017 | 23:05 wib
Oleh : Agus Bondan,Muhammad Imron Danu
Tulungagung pojokpitu.com, Buat anda yang gemar ngopi, jangan buru-buru dibuang sisa ampas kopinya. Sebab dari ampas kopi ini bisa menghasilkan sebuah karya seni. Hal itulah yang kini sedang ditekuni seorang seniman lukis Tulungagung. Ampas kopi dimanfaatkan sebagai media untuk melukis diatas kanvas.

Pelukis Aditya Kresna, sejak satu tahun belakangan ini punya kesibuan baru. Disela aktifitasnya melayani pelanggan warung kopi miliknya, di jalan Letjen Suprapto, Kelurahan Kepatihan, Tulungagung,  Adit membuat lukisan dengan menggunakan ampas kopi sebagai pengganti cat.

Untuk membuat lukisan ampas kopi atau lukis cethe, Adit menggunakan dua jenis kopi yakni kopi hitam dan kopi ijo khas Tulungagung. Untuk mendapatkan ampas kopi yang hendak dipakai melukis, kopi yang telah diseduh terlebih dulu di tuangkan ke piring kecil dan didiamkan beberapa saat. Kemudian air kopi dituangkan kembali kedalam cangkir. Dari ampas kopi hitam , didapatkan warna coklat yang soft , sedangkan dari ampas kopi ijo  di dapatkan  warna hijau kehitaman.
 
Teknik melukis menggunakan ampas kopi ini , sangat berbeda dengan melukis pada umumnya. "Dibutuhkan ketelatenan serta kesabaran , karena ampas kopi yang di torehkan di atas kanvas  tidak cepat mengering," kata Adhit.

Dengan mengunakan kuas, melukis menggunakan ampas kopi tidak bisa dilakukan secara tergesa-gesa. Karena jika terlalu tebal, ampas kopi malah tidak dapat menempel di kanvas. Pilihan warna yang sangat terbatas, juga menjadi tantangan tersendiri dalam membuat lukis cethe.
 
Menurut Adhit, ide membuat lukis cethe ini  berawal dari  kejenuhannya melukis menggunakan  cat acrilic , crayon , maupun pensil warna , yang dapat dengan mudah mendapatkan warna yang diinginkan. Dari sekedar coba-coba, akhirnya keasikan melukis dengan menggunakan ampas kopi hingga sekarang. "Melukis dengan ampas kopi , terdapat tantangan baru, dan lukisan yang dihasilkan memiliki gradasi warna  yang unik," terang Adhit

Berbagai karya lukis cethe telah dihasilkan seniman lukis ekspresif ini, mulai dari lukisan bertema nature, hingga lukis wajah beberapa tokoh nasional, seperti lukisan wajah Presiden Joko Widodo, Gubernur  Jawa Timur Sukarwo, dan Walikota Surabaya Tri Risma Harini.
 
Lukis cethe belum banyak yang muncul. Maka lukisan karya adhit ini digemari sejumlah kolektor dan pejabat dari berbagai kota di Jawa Timur. Satu buah lukisan cethe di atas kertas, dihargai hingga Rp 1 juta. (pul)
 


Berita Terkait


Manfaatkan Ampas Kopi Menjadi Hasil Seni Bernilai Tinggi


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber