Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Gubernur Minta Kabupaten/Kota Bantu Anggaran SMA/SMK
Rabu, 25-01-2017 | 19:10 wib
Oleh : Dewi Imroatin
Surabaya pojokpitu.com, Gubernur Jatim Soekarwo meminta pemkab/pemkot dengan APBD tinggi bisa ikut andil dalam membiayai SMA/SMK agar bisa meringankan beban siswa dan mewujudkan sekolah gratis.

Gubernur Jatim, Soekarwo, menyampaikan, ganjalan aturan terhadap pemkab/pemkot yang membantu anggaran SMA/SMK, telah terselesaikan. Mendagri telah mengeluarkan aturan mengijinkan pemkab/pemkot membantu pendanaan SMA/SMK. 

Bantuan tersebut langsung diserahkan ke sekolah tanpa harus melewati pemprov, bahkan data by name by adress untuk bantuan kepada siswa, sudah siap.

"Dengan adanya regulasi tersebut, maka pemkab/pemkot dengan APBD tinggi yang dulu telah memprogramkan sekolah gratis, saat ini bisa direalisasikan. Bantuan pemkab/pemkot sangat meringankan beban siswa SMA/SMK. Dengan begitu, sekolah gratis bisa diwujudkan," pungkasnya.

Sementara itu, Suli Daim, Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim, menuturkan, saat ini siswa harus dibebani SPP dikarenakan dana BOS untuk membayar guru GTT (guru tidak tetap) dan operasional sekolah. 

Kini, meski tanpa BOPDA (Bantuan Operasional Pendidikan Daerah), dengan aturan tersebut pemkab/pemkot bisa kembali memberikan BOPDA. Dengan begitu, siswa tidak lagi terbebani SPP.(end)


Berita Terkait


DPRD Jatim Minta Surabaya Siapkan Anggaran untuk SMA/SMK

Gubernur Minta Kabupaten/Kota Bantu Anggaran SMA/SMK

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber