Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Ratusan Lansia Ikuti Isbat Nikah Massal
Senin, 12-01-2015 | 11:35 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Ratusan Pasangan Suami Istri lanjut usia tidak memiliki akte nikah, di Kabupaten Probolinggo ikuti isbat nikah atau nikah massal. Prosesi Nikahpun dilakukan secara unik, dengan suguhan tari dan musik khas Probolinggo.

Ratusan pasangan pasutri lansia dikirab keliling kota terlebih dahulu, sebelum mengikuti isbat nikah atau nikah massal digedung Islamic Center, Kota Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. 

Dengan iringan musik seronen dan tari rengganis asli daerah setempat, Kirab Isbat Nikah sejauh 500 meter ini, diikuti 771 peserta nikah massal dari 24 kecamatan di Probolinggo, Peserta didominasi para lansia yang sudah memiliki cucu bahkan cicit, harus mengenakan busana kebaya model masa kini tersebut, sempat menjadi tontonan warga setempat.  

Setelah dikirab keliling, ratusan peserta nikah massal harus melewati berbagai prosesi isbat dengan adat pedalungan antara Jawa dan madura, Melihat tingkah laku yang lucu, para keluarga peserta tak kuat menahan gelak tawa melihat tingkah laku mereka. Setelah sebelumnya, melewati berbagai rangkaian prosesi, para peserta harus duduk dipelaminan layaknya pernikahan para muda mudi saat ini, Selain itu juga dihibur tarian dan musik pedalungan. Jumat dan sariya, pasutri peserta nikah missal mengaku meskipun sudah tua ingin  mengikuti nikah missal. Sebab  demi mendapatkan surat akte nikah resmi yang dikeluarkan pemerintah. 

Sementara itu Puput Tantriana Sari, Bupati Probolinggo mengatakan, digelarnya nikah massal oleh Pemkab Probolinggo ini bekerja sama dengan dinas terkait,

 "Nikah ini agar masyarakat bisa memiliki akte nikah,  Karena di pelosok desa masih banyak masyarakatnya hanya nikah secara agama saja". Kata bupati perempuan pertama di Probolinggo itu. 

Rencananya pemerintah akan terus menggelar nikah massal pada tahun depan, mengingat banyaknya antusias masyarakat mendaftar nikah gratis di kantor catatan sipil setempat. ( rid/pul



Berita Terkait


Nikah Massal, Pasangan Tertua Akhirnya Bahagia

Nikah Massal, 15 Pasangan Ijab Qabul di Pendopo Kabupaten Tuban

143 Pasangan Suami Istri Ikuti Acara Pesta Nikah Massal

Puluhan Pasutri Ikuti Itsbat Nikah Massal


Puluhan Pasutri Ikuti Itsbat Nikah Massal

Nikah Massal, Yang Manula Tidak Mau Ketinggalan

Kakek Umur 70 Tahun Juga Ikut Nikah Massal

Enam Pasangan Tua Ikuti Nikah Massal Gratis

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber