Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Unair Surabaya Buka Kuota 70 Persen Untuk SNMPTN dan SBMPTN
Rabu, 18-01-2017 | 08:27 wib
Oleh : Selvy Wang
Surabaya pojokpitu.com, Jelang masa penerimaan mahasiswa baru di perguruan tingi negeri , Universitas Airlangga Surabaya menggunakan komposisi penerimaan seperti tahun lalu, yaitu SNMPTN dan SBMPTN 70 persen, sedangkan jalur mandiri 30 persen. Selain itu, Rektor Unair memastikan tidak ada kenaikan uang kuliah di Unair.

Pasca keputusan Menristekdiksti, Mohammad Nasir mengenai pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri  (SNMPTN) dan Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tingi Negeri , (SBMPTN)  2017 berdasarkan sistem kuota, yaitu paling sedikit 30 persen.

Namun di Universitas Airlangga Surabaya tetap menggunakan komposisi lama, yakni SNMPTN dan SBMPTN sebanyak 70 persen dan jalur mandiri 30 persen.
 
Selain itu, nilai ujian nasional juga akan menjadi pertimbangan untuk menentukan indeks sekolah. Dari indeks sekolah akan menentukan jumlah siswa yang dapat masuk melalui jalur SNMPTN.
 
Sementara itu, Rektor Unair Surabaya, Prof M. Nasih juga menampik bahwa adanya kenaikan uang kuliah di Unair, namun yang terjadi adalah adanya perubahan mekanisme prosedur pembayaran uang kuliah tunggal (UKT). 

Perubahan mekanisme itu, rencananya adalah prosedur pembayaran di awal dalam bentuk sumbangan universitas, sehingga uang kuliahnya di tiap semester akan lebih ringan. Namun perubahan mekanisme pembayaran itu sendiri masih dalam tahap perencanaan dan masih menunggu respon masyarakat.(end)

Berita Terkait


Unair Surabaya Buka Kuota 70 Persen Untuk SNMPTN dan SBMPTN

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua