Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Politik 

Menjaga Kerukunan Umat, 5 Agama Bikin Arisan Toleransi
Kamis, 12-01-2017 | 08:06
Oleh : Chofi Zamani
Jember pojokpitu.com, Umat pemuka 5 agama, di Jember Rabu malam, menggelar arisan toleransi. Sebuah forum paguyuban antar umat beragama, yang dibingkai Bhineka Tunggal Ika.

Sambil menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya, menandai semangat persatuan, yang digagas Forum Paguyuban Umat Pemuka Lima Agama, di Jember. Forum ini bertempat di aula SMK Katolik Santo Paulos, Jalan Trunojoyo, Kecamatan Kaliwates.

Perwakilan tokoh dari lima agama hadir dalam acara ini. Tujuannya tingkatkan kerukunan antar umat beragama, ditengah berbagai ancaman perpecahan. Sebagai simbol adanya sikap saling menghormati, berbagai perform kesenian yang identik dengan identitas masing-masing agama ditampilkan.

Menurut Henrikus Suwaji, tokoh umat Katolik Jember, salah satunya paduan suara dari kalangan pemuda gereja, yang dikemas dengan sentuhan seni musik gamelan. Pesertanya dihias dengan kostum etnik, yang memberikan pesan utuh tentang bhinneka tunggal ika.

Lalu disusul penampilan seni hadrah, atau seni musik rebana yang identik dengan budaya arab Islam. Ini memberikan simbol, bahwa satu sama lain saling menghormati dan saling menghargai.

Selain penampilan beragam kesenian, dialog kerukunan yang dikemas sarasehan dalam bingkai kebhinekaan pun digelar. Narasumbernya dari tokoh islam, yakni  Hodri Arif dikomparasi dengan kapolres jember, AKBP Kusworo Wibowo.

Menurut AKBP Kusworo Wibowo, Kapolres Jember, forum ini akan terus dilakukan dibawah payung Forum Kerukunan Antar Umat Beragama, yang secara berkala akan bergantian satu sama lain. Forum ini akan terus dikawal pihak berwajib. "Nilai positif untuk menjaga kerukunan sesama, demi menangkal berbagai ancaman terhadap keutuhan NKRI," kata AKBP Kusworo Wibowo.
.
Forum serupa akan digelar secara bergantian satu sama lain, dari masing-masing agama. Forum ini berada dibawah payung Forkopimda, atau Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Jember. (pul)




Berita Terkait


Gus Ipul : Kerukunan Warga Jatim Bisa Jadi Contoh Daerah Lain

Menjaga Kerukunan Umat, 5 Agama Bikin Arisan Toleransi

FKUB Belajar Kerukunan Umat di Batu

Diduga Diklaim Pemkot, Pedagang Pasar Simorukun Tak Bisa Berjualan


Jaga Kerukunan, Ormas dan FKUB Batu Bagi Takjil Bareng

Pawai Ogoh Ogoh, Cara Menjaga Kerukunan Umat Beragama di Desa Sukoreno

Doa untuk Kerukunan Umat Beragama, Ribuan Umat Hindhu Gelar Upacara Melasti

Gus Ipul : Kerukunan Warga Jatim Bisa Jadi Contoh Daerah Lain
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Koneksi Gagal Mas query= insert into deteksi_terpopuler (urut,tgl,jam,key_urut_berita,judul_berita,ip,jumlah_baca,perangkat) values ('1822492','2017-12-18','12:23:08','39602','Menjaga Kerukunan Umat, 5 Agama Bikin Arisan Toleransi','54.83.122.227','1','desktop')