Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Kendang Jimbe Diekspor ke China
Kamis, 12-01-2017 | 00:27
Oleh : Moch Asrofi
Blitar pojokpitu.com, Kendang Jimbe asal Kota Blitar, memang menjadi salah satu kerajinan andalan Kota Proklamator.

Puluhan perajin Kendang Jimbe telah dikontrak oleh importir asal China dengan omset ratusan juta rupiah untuk satu pengiriman. 

Salah satu perajin Kendang Jimbe asal Kelurahan Sentul Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar, yakni Pastoyo (45) setiap hari membuat puluhan Kendang Jimbe. Meski sering mengalami pasang surut akibat permintaan dari Pulau Bali yang menurun, namun sejak satu tahun yang lalu, usahanya kian hari kian membaik. 

Ini terjadi karena usaha pembuatan Kendang Jimbe tersebut, telah masuk ke pasaran luar negeri, seperti halnya negara China.
 
Pastoyo sendiri sudah mendapat order dari pengepul, untuk pembuatan setengah jadi. Ia memperkerjakan beberapa karyawan untuk membantu usahanya dengan sistem borongan. Untuk satu buah Kendang Jimbe, Pastoyo memberikan upah Rp 25 ribu .
 
Satu hari masing-masing karyawan mampu menghasilkan 20 hingga 25 buah Kendang Jimbe yang siap dipoles menjadi Kendang Jimbe andalan Kelurahan Sentul Kota Blitar. 

Setelah pembuatan kendang jimbe setengah jadi selesai, oleh Prastoyo kemudian dikirim ke perajin lain, yang khusus menangani pemolesan atau finishing kerajinan. 

Untuk pengiriman Kendang Jimbe ke negara China tersebut, menggunakan truk kontainer yang berisi kurang lebih 5 ribu buah Kendang Jimbe dibawa menuju Pelabuhan Surabaya.(end)

Berita Terkait


Musim Penghujan Menjadi Kendala Perajin Kendang Jimbe

Kendang Jimbe Diekspor ke China

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber