Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Mahasiswa Ciptakan Palang Pintu Kereta Otomatis
Rabu, 11-01-2017 | 20:19
Oleh : Selvy Wang
Surabaya pojokpitu.com, Kreasi mahasiswa saat ini kian inovatif. Salah satunya, menciptakan palang pintu kereta api otomatis dengan menggunakan energi hempasan angin laju kereta, yang diubah menjadi tenaga listrik.

Ketika aliran listrik dari PLN mati, kondisi palang pintu kereta masih bisa beroperasi. Ide itu muncul dari tiga mahasiswa Jurusan Teknik Manufaktur, salah satu universitas swasta di Surabaya.
 
Alat tersebut disebut juga Railway Gate Sistem (Aurags), yakni tenaga listrik yang diambil dari energi angin. Tenaga tersebut memanfaatkan baling-baling otomatis menggerakkan dinamo.
 
Sewaktu-waktu bisa menghasilkan aliran listrik. Nah, aliran tersebut disimpan di dalam aki."Palang pintu masih tetap beroperasi," ujar salah satu kreator, Yovita Sugionoputri, kepada wartawan, Rabu.
 
 
Diterangkan Yovita, alat ini cocok digunakan pada perlintasan KA. Khususnya,  yang berada di daerah terpencil yang memiliki sumber daya listrik yang minim, atau perlintasan KA tidak resmi tanpa palang pintu.
 
Alat ini sendiri telah menyabet sejumlah prestasi. Diantaranya, Juara Pertama Pekan Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, dan  Medali Perak International Invention, Inovation, and Design 2015 di Johor Malaysia. (win)

Berita Terkait



Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Koneksi Gagal Mas query= insert into deteksi_terpopuler (urut,tgl,jam,key_urut_berita,judul_berita,ip,jumlah_baca,perangkat) values ('235599','2017-10-23','17:06:23','39586','Mahasiswa Ciptakan Palang Pintu Kereta Otomatis','54.166.245.10','1','desktop')