Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Politik 

Pertemuan ulama digelar Alsyami di PP Tazakka, Batang, Jawa Tengah. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Mufti Agung Ibukota Damaskus, Syaikh Adnan Afyouni, ini menghasilkan sejumlah rumusan program dan rekomendasi yang sebagian di antaranya akan disampaikan kepada pemerintah. Foto istimewa
Pemerintah Didesak Proaktif Dalami Krisis Timur Tengah
Rabu, 11-01-2017 | 10:02
Oleh :
Batang pojokpitu.com, Ikatan Alumni Syam Indonesia (Alsyami) di Suriah mendesak pemerintah untuk mendalami persoalan yang berkembang di Suriah. Itu berpotensi dampaknya terhadap kondisi di tanah air.

Hal tersebut terungkap dalam pertemuan yang digelar Alsyami di PP Tazakka, Batang, Jawa Tengah. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Mufti Agung Ibukota Damaskus, Syaikh Adnan Afyouni, ini menghasilkan sejumlah rumusan program dan rekomendasi yang sebagian di antaranya akan disampaikan kepada pemerintah.
 
Beberapa isu dibahas dalam pertemuan itu. Salah satunya, seputar glorifikasi jatuhnya Kota Aleppo dari tangan pemberontak dan penyimpangan yang dilakukan oleh sebuah lembaga kemanusiaan. Lembaga tersebut terindikasi disalurkan kepada para milisi dan kombatan di Suriah.
 
"Selayaknya para NGO yang sungguh-sungguh melakukan kerja kemanusiaan sebagai lembaga publik, seharusnya melakukan transparansi aliran dana mereka," kata Ketua Alsyami, Ahmad Fathir.
 
Sementara, menurut Sekjen Alsyami, M. Najih Arromadloni mengajak untuk mengkampanyekan fokus perhatian dari krisis Suriah. Khususnya dari prespektif kemanusiaan.
 
Najih mengingatkan bahwa tragedi kemanusiaan terbesar abad 21 ini, perdebatan politik tak berujung seharusnya bisa disikapi masyarakat. "Dibalik kompleksnya konflik kepentingan dan ideologi di Suriah, ada jutaan manusia yang menjadi korban," terang dia.
 
Hadir pula dalam pertemuan ini Syaikh Riyad Bazo Dari Dewan Fatwa Libanon dan Syaikh Omar Dieb yang merupakan akademisi dari Universitas Ahmad Kuftaro Damaskus Suriah. (win/pul)

Berita Terkait


Krisis Air Bersih, Kran Pamsimas dan Sumur Milik Warga Mengering

Pasca Krisis Air, Warga Pasang Saluran Air Sendiri

Krisis Air Makin Kritis, Bupati Ikut Droping Air Bersih

Gunakan Watercanon, Polisi Droping Air ke Kawasan Kekeringan


TNI Droping Air Bersih Di Daerah Krisis Air Bersih

Hutan Terbakar, Warga Terancam Krisis Air Bersih

Pasca Krisis Air, Warga Pasang Saluran Air Sendiri

Krisis Air Makin Kritis, Bupati Ikut Droping Air Bersih
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber