Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

WNA Asal India Terjaring Razia Petugas Imigrasi
Selasa, 10-01-2017 | 21:09
Oleh : Andi Nurcholis
Jember pojokpitu.com, Razia penyalahgunaan visa kembali digelar petugas Imigrasi Jember, Dinas Sosial dan Satpol PP Situbondo. Alhasil, seorang kewarganegaraan India berhasil terjaring.

Petugas Imigrasi kembali menggerebek rumah kontrakan warga negara asing asal di Dusun Nangkaan, Desa Paowan, Kecamatan Panarukan Situbondo, pada Selasa sore. WNA  bernama Valiyapeedikal Moiden, diduga menyalahgunakan visa kunjungannya ke Indonesia.
 
Berdasarkan pemeriksaan petuigas Imigrasi Jember, visa kunjungan WNA asal India itu sebagai turis. Namun selama di Situbondo melakukan kegiatan bisnis arang.  Selama berada di rumah kontrakan milik salah seorang warga setempat,  WNA asal India itu cukup akrab bersama warga setempat.
 
Selama ini, WNA asal India tidak terus menerus berada di rumah kontrakan, karena kerap bepergian keluar kota. Kemungkinan WNA tersebut untuk menghindari pemeriksaan Imigrasi.
 
Pihak Imigrasi menyita seluruh dokumen keimigrasian WNA asal India tersebut, untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut. Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, WNA asal India itu masuk Indonesia 21 Desember 2016. Selama ini yang bersangkutan telah melakukan kegiatan tak sesuai visa kunjungan, yaitu melakukan kegiatan bisnis arang.
 
WNA asal India itu terancam dideportasi, serta dilakukan pencengkalan untuk tidak bisa melakukan kuinjungan lagi ke Indonesia selama 2 tahun, demikian dituturkan Jaya Mahendra, Kepala Sub Seksi Pengawasan Imigrasi Jember.

Pihak Imigrasi mengajak kerjasama warga, agar melapor jika menjumpai WNA mengontrak rumah warga, sebab pihak Imigrasi kesulitan melacak keberadaan WNA yang bermukim di rumah warga, ketimbang yang bekerja di perusahaan.(end)
 




Berita Terkait


WNA Asal India Terjaring Razia Petugas Imigrasi

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber