Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Petugas Gabungan Razia Pekerja Asing
Selasa, 10-01-2017 | 20:37
Oleh : Andi Nurcholis
Situbondo pojokpitu.com, Petugas gabungan dari Satpol PP, Intel Kodim dan anggota Kepolisian Situbondo mendatangi perusahaan rumput laut, yaitu PT. Hongxin Algae Internasional , di Desa Kalatakan Kecamatan , Kendit Situbondo, yang diduga mempekerjakan tenaga kerja asing ilegal.

Alhasil , petugas menemukan dua orang TKA asal Cina yang tidak bisa menunjukkan dokumen resmi. Satu diantaranya, berusaha bersembunyi di kamar mandi.
  
Sempat terjadi ketegangan antara petugas dan salah satu TKA asal Cina tersebut, sehingga kedua pekerja itu diminta menunjukkan Paspor kerja dan Visa kerja.
 
Saat petugas memeriksa satu persatu dokumen milik kedua tenaga kerja asing itu, ternyata ditemukan salah satu TKA bernama Cai Liandui (42) yang ijin tinggal sementaranya sudah kadaluarsa, tertanggal 2 oktober 2016, sehingga dinyatakan ilegal.
 
Satu TKA lainnya bernama Liu Yangwei (22) tidak bisa menunjukkan dokumen atau visa kerja di Indonesia, dengan alasan masih dalam proses di tingkat Provinsi Jawa Timur.
  
Menurut warga setempat, perusahaan tersebut memiliki sedikitnya 19 orang tenaga kerja asing yang bekerja di konstruksi bangunan. Namun, mereka sudah pulang ke negaranya .
  
Pihak Imigrasi Jember membenarkan, terkait dua pekerja asing di perusahaan tersebut. Dokumen mereka saat ini masih proses perpanjangan di Kantor Imigrasi.
  
Razia serupa akan ditingkatkan lagi untuk mewaspadai warga asing yang bekerja di Situbondo , dengan menggunkan visa kunjungan atau visa wisata.(end)


Berita Terkait



Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber