Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Dana PIP Diambil Sekolah, Wali Murid Protes
Selasa, 10-01-2017 | 11:48
Oleh : Felli kosasi
Jember pojokpitu.com, Pencairan dana Program Indonesia Pintar (PIP), milik ratusan siswa di SMP Islam Mayangan Jember menuai kontroversi. Pasalnya seluruh penerima dana PIP hanya menerima Rp 50 ribu , sisanya diambil oleh pihak sekolah dengan alasan untuk biaya pendidikan selama satu semester.

Beberapa siswa yang kecewa uang dana PIP dari pemerintah pusat di potong atau diambil langsung saat pencairan oleh pihak sekolah. Rata rata siswa yang masih duduk di kelas 8 ini tidak tahu menahu bahwa dirinya akan menerima bantuan dari pemerintah melalui bank. Awalnya seluruh siswa SMP Islam Mayangan di ajak oleh pihak sekolah untuk belajar di luar sekolah yaitu di Kota Jember.

Sesampai di Jember, ternyata siswa di masukkan ke salah satu bank negara dan seluruh siswa berjumlah 157 siswa disuruh masuk satu persatu dan menandatangani pengambilan dana PIP. Namun setelah selesai mengambil, seluruh siswa disuruh pihak sekolah memberikan sejumlah uang kepada sekolah dengan alasan untuk tabungan .

Kejadian ini tentu membuat beberapa wali murid kecewa. Salah satunya Siti Tuminah, dirinya tidak mengetahui jika anaknya dibawa oleh pihak sekolah untuk mencairkan dana PIP. Dirinya berharap jika dana PIP itu memang hak anakmaka pihak sekolah segera mengembalikannya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Islam Mayangan, Hafid saat ditemui beberapa wartawan menyatakan bahwa memang benar ada pemotongan anggaran dana PIP kepada siswanya. Karena hal itu untuk pembiayaan sekolah selama satu semester seperti biaya buku, biaya semester, biaya ujian dan lain sebagainya.

"Prosedur pencairan dana PIP sebenarnya harus didampingi oleh wali murid sebagai saksi, dan dana PIP murni dikelola oleh siswa masing masing sesuai dengan petunjuk dari pemerintah pusat," kata Hafid, Kepala Sekolah SMP Islam Mayangan. (pul)

Berita Terkait

10-01-2017 | 11:48
Dana PIP Diambil Sekolah, Wali Murid Protes


Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber