Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Hukum 

Dari pengamanan polisi berhasil membengkuk seluruh anggota geng yang semuanya berasal dari Sulawesi Selatan. Foto Karyanto
Geng Penipuan Kupon Berhadiah Mobil Dibekuk Polisi
Selasa, 10-01-2017 | 09:41
Oleh : Karyanto , Yanuar Putra
Trenggalek pojokpitu.com, Berhati-hatilah jika anda memperoleh kupon hadiah dari kemasan barang kebutuhan rumah tangga, seperti minyak goreng detergen dan lainnya. Di Trenggalek Satreskrim Polres berhasil menangkap geng pelaku penipuan dengan modus kupon undian dari kemasan barang barang kebutuhan rumah tangga .

Dari pengamanan polisi berhasil membengkuk seluruh anggota geng yang semuanya berasal dari Sulawesi Selatan. Ke 6 tersangka ini mempunyai tugas masing masing dalam melakukan proses penipuan terhadap korban , seperti operator , dan kurir yang menyebar barang barang kemasan yang berisi kupon berhadiah mobil .

Geng penipu ini mempunyai daerah operasi di berbagai daerah di Indonesia seperti Trenggalek  , Ponorogo , Jawa Tengah , Jawa Barat , hingga luar jawa seperti pulau Sumatera .

Menurut AKBP Donni Adityawarman, Kapolres Trenggalek, berbagai barang bukti disita polisi saat ke enam tersangka ini berada di markasnya Di Sleman Yogyakarta . Barang bukti yang disita antara lain sperti alat pencetak kupon , handphone , hingga ribuan kupon hadiah siap edar. Selain itu polisi juga mengamankan bebrapa kartu ATM yang semuanya dibeli dari situs online dengan menggunakan identitas palsu .

"Kasus ini juga akan dikembangkan oleh polres daerah lain , mengingat korban temuan kasus ini tak hanya wilayaah trenggalek saja , namun mencakup wilayah yang berbeda beda di berbagai wilayah di Indonesia," Kata AKBP Donni Adityawarman, Kapolres Trenggalek

Cara mendapatkan korban geng ini tergolong sangat rinci dan penuh kelihaian hinhgga korban tak sadar bahwa dirinya ditipu . Kupon dan kemasan barang disebar saat malam hari hingga tak ada orang yang tahu, jika ada korban yang menemukan kemasan tersebut korban akan langsung menelfon call center yang ada di kupon  dan dari situlah geng ini berhasil menglabuhi korban hingga mengelurakn uang yang cukup besar .

Hasil dari penipuan ini mencapai ratusan juta rupiah perbulannya . Salah satu tersangka sempat diminta untuk memperagakan adegan saat ia melakukan aksi penipuan lewat telfon dan terlihat kelihaian tersangka saat mengelabuhi korbannya .

Tersangka sendiri mengaku hasil dari penipuan ini habis digunakan untuk foya foya seperti minuman keras dan juga bermain wanita , hingga tak didapatkan bukti fisik dari keuntungan tersangka. Akibat perbuatannya seluruh anggota geng penipu terancam hukuman diatas 5 tahun penjara dengan pasal 378 KUHP. (pul)

Berita Terkait

26-09-2017 | 16:39
Tiga Pelaku Penipuan CPNS Ditangkap, Salah Satunya Kepala Desa
07-09-2017 | 18:54
Tersangka Penipuan Arisan Online Dibekuk Polisi
20-08-2017 | 22:11
Gagal Loloskan CPNS, Pelaku Penipuan Dibekuk Polisi
16-08-2017 | 17:40
Satu Pelaku Sindikat Penipuan Beras Dibekuk Polisi

29-08-2017 | 18:38
Begini Modus Penipuan Agus pada Korban Endah
28-08-2017 | 23:07
Tersangkut Kasus Penipuan, Kades Prambangan Ditahan Kejari Gresik
28-08-2017 | 19:34
Tidak Dibantu, Korban Penipuan Umroh First Travel Cari Sendiri Paspornya
21-08-2017 | 17:56
Begini Isi Sidang Pledoi Kasus Penipuan Taat Pribadi

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber