Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Tidur nyenyak di mana saja. Foto: Adrian Storey/Uchujin via CNN
Fakta Unik soal Tidur Orang Jepang
Kamis, 05-01-2017 | 11:00
Oleh :
Jepang pojokpitu.com, Benarkah mitos kalau masyarakat Jepang tidak pernah tidur? Semua itu disangkal oleh orang Jepang sendiri. Namun Dr Brigitte Steger, pengajar senior Studi Modern Jepang dari Universitas Cambridge, Inggris, menemukan kenyataan unik di antara masyarakat Jepang mengenai tidur.

Dipaparkan Steger, dia kali pertama mendalami kebiasaan tidur di Jepang saat bersekolah di Jepang pada tahun 80-an. Saat itu Jepang sedang mengalami ledakan ekonomi. Kehidupan sangat hetic. Jadwal sehari-hari orang Jepang penuh dengan pekerjaan dan hiburan. Menyela waktu untuk tidur pun susah.

Mereka pun mengeluh kalau sebagai orang Jepang, mereka sangat gila kerja. Tetapi, keluhan itu, kata Steger, mengandung rasa bangga.

Jadi, kapan mereka tidur? "Kapan saja dan dimana saja," ulas Steger. Jawaban itu dikemukanan Steger karena sering kali dia menemukan orang-orang tertidur di tempat umum. Di stasiun bawah tanah, di taman, di tempat pemberhentian bus, bahkan di trotoar. "Tidak hanya duduk, sebagian malah tidur sambil berdiri. Dan, tidak ada seorang pun yang terkejut dengan keadaan itu," paparnya.

Disebutkan Steger, masyarakat Jepang sepertinya lebih toleran bila melihat orang tidur di tempat umum yang disebut dengan inemuri. Bukan sekadar tidur ayam, tetapi tidur nyenyak beneran. "Ini kenyataan yang bertolak belakang. Image positif dari pekerja yang tidak tidur malam dan tidur sejenak menjelang pagi, sepertinya "diizinkan" untuk ber-inemuri," katanya.

Jadi mereka bisa dengan santai tidur di dalam transportasi publik, saat rapat, di dalam kelas, dan saat sedang mengajar. "Perempuan, pria, dan anak-anak sepertinya punya kebiasaan untuk tidur dimana pun dan kapan pun mereka inginkan," sambungnya. (cnn/tia/jpnn)

Berita Terkait



Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber