Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Kesehatan 

Perawatan Gigi Perlu Dilakukan Sejak Dini
Senin, 02-01-2017 | 18:01
Oleh : Nova Sari
Surabaya pojokpitu.com, Mempunyai gigi sehat perlu ditanamkan sejak dini. Selain perawatan dengan menggosok gigi secara rutin, orang tua setidaknya membawa anaknya secara berkala ke dokter gigi anak.

Salah satunya pemeriksaan kondisi gigi. Umumnya, penyakit gigi pada anak yaitu caries gigi atau gigi berlubang. Menurut Mayor Laut drg. Dyah, sp.kga  dari RSAL dr Ramelan Surabaya, banyak faktor yang menyebabkan gigi anak menjadi caries. Umumnya karena faktor sisa-sisa makanan dan minuman yang ada di gigi, dan kurangnya memperhatikan kesehatan rongga mulut dan gigi.

"Sebenarnya sebelum berlubang, ada tanda yang nampak pada gigi. Namun pada umumnya orang tua jarang memperhatikannya," kata drg Dyah.

Salah satu tandanya yaitu adanya noda atau bercak cokelat , warna yang berbeda dibandingkan warna gigi asli. Kemudian dari bercak tersebut akan berkembang menembus lapisan email gigi, dan menjadi berlubang. Untuk anak yang masih mempunyai gigi susu, tanggalnya gigi akibat caries akan digantikan gigi permanen. Namun bila sudah ada gigi permanen, maka perawatannya lebih mendalam. Karena akan terbawa hingga dewasa nanti.

"Untuk penanganan caries pada gigi, akan dilakukan sejauh mana tingkat keparahannya. Namun sebelum timbul  caries bisa dilakukan pencegahan, yaitu dengan pengolesan fluor pada gigi," kata Mayor Laut drg. Dyah, sp.kga.

Untuk pemberian fluor ini aman untuk anak,dengan rasa buah sehingga anak menjadi nyaman.   Untuk waktunya pengulangannya bisa dilakukan 6 bulan sekali. (pul)

Berita Terkait


80 Persen Anak Mengalami Karies Gigi Atau Gigi Berlubang

Borongan! Rafi-Gigi Pasangan Terseleb, Rafathar Balita Terseleb

RS Gigi dan Mulut Unair Ikut Meramaikan Persaingan Rumah Sakit di Surabaya

Meski Capek Keliling Eropa, Raffi-Gigi Meet and Greet Rafatar


Disnak : Kambing Mati Akibat Gigitan Binatang Liar

Harga Anjlok Hingga 50 Persen, Pengepul Kulit Gigit Jari

Diduga Digigit Anjing Jadi-Jadian, Puluhan Kambing Mati Mendadak

RS Gigi dan Mulut Unair Ikut Meramaikan Persaingan Rumah Sakit di Surabaya
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber