Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Kesehatan 

Dokter Agus Harianto, Ketua Tim Dokter Kembar Siam RS Dr Soetomo Surabaya
Fokus Perawatan, Bayi Kembar Siam Belum Stabil
Senin, 02-01-2017 | 07:22
Oleh : Selvy Wang
Surabaya pojokpitu.com, Pasca operasi darurat pemisahan bayi kembar dempet tali pusar, Desta - Desty, kondisi kedua bayi sudah membaik. Namun meski begitu keduanya masih belum melalui masa kritis dan belum stabil.

Untuk pembuatan anus, tim dokter bayi kembar siam sendiri belum tahu kapan dapat dilakukan , karena menunggu kondisi bayi yang harus kuat dan stabil. Untuk sementara proses buang air besar bayi yang selama ini jadi satu dengan saluran buang air kecil, sudah dipisahkan dengan pembuatan stoma yang dilakukan saat operasi pemisahan. 

Menurut Dokter Agus Harianto, Ketua Tim Dokter Kembar Siam RS Dr Soetomo Surabaya, kondisi bayi Desta Desty ini masih belum dapat diketahui bisa stabil, sehingga saat ini pihaknya memfokuskan pada perawatan bayi agar dapat bertahan. 

Sebelumnya, usus bayi pertama terburai keluar. Operasi darurat pun diberlakukan Tim Dokter Kembar Siam untuk menyelamatkan kedua bayi ini. Bahkan, operasi  berlangsung lebih cepat dari yang diperkirakan, yaitu kurang dari empat jam.

Untuk diketahui, kembar siam omphalopagus, atau dempet perut ini, lahir prematur dari pasangan Nurul Iman Mustari dan Jumami, pada 21 desember 2016, di RSIA Amanah Probolinggo,  dalam usia kandungan antara 34 hingga 36 minggu, dengan berat total 3,3 kilogram dan panjang 41 sentimeter. Kedua bayi perempuan ini  merupakan kembar siam ke-81, yang ditangani RSUD Dokter Soetomo Surabaya.(end)

Berita Terkait


Bayi Kembar Siam Rujukan Akhirnya Meninggal

Fokus Perawatan, Bayi Kembar Siam Belum Stabil

Kembar Dempet Tali Pusar Jalani Pemeriksaan Ultrasonografi

Bayi Kembar Siam Dirujuk Ke RS Dokter Sutomo


Kondisi Bayi Kembar Siam Dempet Perut Masih Stabil

Bayi Kembar Siam Dirujuk Ke RS Dokter Sutomo

Di Hari Ibu, Seorang Ibu Melahirkan Bayi Kembar Siam

Saat-saat Terakhir Bayi Kembar Siam Berkepala Dua Meninggal Dunia
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Koneksi Gagal Mas query= insert into deteksi_terpopuler (urut,tgl,jam,key_urut_berita,judul_berita,ip,jumlah_baca,perangkat) values ('2633712','2018-01-18','06:52:09','39053','Fokus Perawatan, Bayi Kembar Siam Belum Stabil','54.234.65.78','1','desktop')