Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Usap Kening, Tradisi Warga Lereng Gunung Argopuro
Selasa, 20-12-2016 | 21:04 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Warga di delapan Desa Lereng Gunung Argopuro, Kabupaten Probolinggo punya tradisi unik. Untuk merayakan panen raya, mereka menggelar tradisi Usap Kening.

Tradisi tersebut dilakukan dengan mengusap kening anak Yatim Piatu, atau dikenal dengan istilah Ngosar Keneng Kanak Jetem. Kegiatan itu sekaligus membagikan santunan.

Warga memberikan santunan tersebut dari hasil bumi yang disisihkan. Rejeki tersebut dikumpulkan ke tokoh desa setempat. Dipercaya, tradisi ini akan mendapatkan rejeki yang berlimpah ruah. Baik dari pertanian, perkebunan, dan peternakan.
 
Sebelum tradisi mengusap dahi dimulai, terlebih dahulu warga menggelar doa yang di pimpin ulama desa setempat, dan dilanjutkan pemberian santunan atau disebut warga sedekah ke ratusan anak yatim piatu.
 
Acara tradisi tersebut, diyakini warga akan membawa berkah, atas kerja dan usaha yang dilakukan warga setempat, dan memohon kepada allah swt agar desanya dijauhkan dari balak dan musibah.
 
"Dengan tradisi ini, Insyallah kian mendekatkan diri dengan Allah dan Rasulullah. Sebab, tradisi ini juga ada di Hadist Al Quran," kata Habib Haddar Bin Jafar Al-Muhdor, Ulama setempat.

 Sementara itu, menurut Syafiudin, tokoh Desa Pedagangan, sebuah menjadi tradisi tahunan masyarakat, yang dipercaya mengusap kening, akan memberikan hasil pertaniannya semakit meningkat. (win/pul)

Berita Terkait


Tradisi Kirab Buceng Sewu Keliling Kota

Usap Kening, Tradisi Warga Lereng Gunung Argopuro

Tradisi Kirab Kota Surabaya Diikuti Sekitar 2.500 Peserta


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber