Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pungli 

Sejumlah anggota Satlantas Polres Ngawi, menggelar razia kendaraan di jalan raya Ngawi menuju Magetan. Satu per satu pengendara motor langsung diperiksa oleh petugas. Bagi yang tertib, bisa langsung melanjutkan perjalanan. Bagi pelanggar, akan diberikan dua opsi pemberian surat tilang, yakni tilang manual atau tilang elektronik. Foto Herpin Pranoto
Polres Ngawi Mulai Laksanakan Tilang Elektronik
Sabtu, 17-12-2016 | 12:48
Oleh : Herpin Pranoto
Ngawi pojokpitu.com, Polres Ngawi mulai melaksanakan sistem tilang elektronik atau e-tilang, bagi pengguna jalan yang melanggar aturan. Penilangan format terbaru tersebut, masih sebatas pengganti slip biru, atau surat titip denda tilang.

Ternyata banyak warga yang bingung, memilih tilang manual meminta slip merah dan slip biru. Sebagian pelanggar memilih tilang elektronik. Sebagai pengganti slip biru, surat titip denda tilang. Penilangan dilakukan  dengan menggunakan aplikasi e- tilang yang ada  dalam telepon genggam petugas.  Untuk sementara di jajaran Polres Ngawi, aplikasi tersebut hanya dimiliki oleh 64 orang saja, khusus anggota satlantas setempat.

Bagi warga yang tidak mau repot, mengikuti jalannya persidangan, tilang elektronik dianggap lebih mudah.

Menurut Ipda Agus Andi Prabowo, Kanit Turjawali Satlantas Polres Ngawi, setelah diberikan notifikasi pembayaran, pelanggar harus membayar denda maksimal, bisa melalui ATM, mobile banking, atau bank yang telah ditunjuk. Denda aslinya menunggu hasil persidangan, biasanya lebih rendah dari denda maksimal. Untuk mengambil surat kendaraan, pelanggar cukup menunjukkan bukti pembayaran saja.

Jika saat ini tilang elektronik bisa menggantikan slip biru, dimasa mendatang akan diperluas untuk menggantikan slip merah, sehingga pelanggar tidak perlu mengikuti sidang tilang. (pul)

Berita Terkait



Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber