Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pungli 

Pelayanan berbasis elektronik mulai bulan ini dilaksankan secara serentak oleh semua jajaran Satlantas yang ada di daerah. Foto Herpin
Polres Ponorogo Mulai Layani SIM Secara Online
Kamis, 15-12-2016 | 10:04 wib
Oleh : Herpin Pranoto
Ponorogo pojokpitu.com, Satuan Lalu Lintas Polres Ponorogo mulai memberlakukan sistem pelayanan berbasis elektronik, salah satunya pembuatan Surat Izin Mengemudi secara online. Selain mengantisipasi terjadinya pungli dan percaloan, masyarakat akan lebih mudah saat membuat SIM baru maupun memperpanjang SIM.

Mulai saat ini, warga yang ingin membuat atau memperpanjang Surat Izin Mengemudi , di Ruang Satlantas Polres Ponorogo lebih mudah. Sebab sistem kepengurusan SIM menjadi berbeda, karena sudah menggunakan sistem online. Semua data pemohon saat ini sudah terintergrasi, baik langsung dengan Direktorat Satlantas Mabes Polri, maupun dengan instansi lain  seperti Dispendukcapil .

Dengan adanya perubahan sistem, tata cara ujian teori SIM juga berubah. Jika dahulu masih menggunakan sistem manual,  kini para pemohon difasilitasi  dengan layar komputer. Para pemohon tinggal menjawab  semua pertanyaan, yang sudah disediakan dilayar monitor, dengan hanya tinggal menjawab benar atau salah.

Menurut AKP Imam Mustolih , Kasatlantas Polres Ponorogo, tujuan pemberlakukan sistem pelayanan berbasis elektonik untuk mencegah terjadinya pungutan liar dan percaloan. Selain itu, juga bisa mempermudah masyarakat membuat dan  memperpanjang Surat Izin Mengemudi.

"Selain sistem SIM online,  Direktorat Satlantas Mabes Polri juga memberlakukan sistem e-tilang dan e-samsat," kata AKP Imam Mustolih , Kasatlantas Polres Ponorogo. (pul)

Berita Terkait


Banyak Gagal Dalam Ujian Praktek SIM, Satlantas Gelar Pelatihan

Puluhan Warga Magetan Kepung Lanud Iswahjudi

Lolos Halang Rintang, Siswa ini Dapat SIM Gratis

Musim Panen, Harga Gabah Tidak Stabil


Musim Hujan, Wabah Lalat Serang Warga

Musim Panen,Ratusan Pengunjung Rebutan Duren Khas Trawas

Demi Liga Champions, Madrid Simpan 5 Pemain Lawan Las Palmas

Ketika Bintang Porno Simpanan Trump Buka Mulut . .
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Koneksi Gagal Mas query= insert into deteksi_terpopuler (urut,tgl,jam,key_urut_berita,judul_berita,ip,jumlah_baca,perangkat) values ('4710697','2018-04-22','00:22:37','38112','Polres Ponorogo Mulai Layani SIM Secara Online','54.80.123.20','1','desktop')