Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Tradisi Peringatan Maulid Nabi dengan Berbagi Buah Pisang
Senin, 12-12-2016 | 18:34
Oleh : M. Ramzi
Magetan pojokpitu.com, Suasana peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Baitunnursadin Desa Durenan Kecamatan Sidorejo Kabupaten Magetan. Umat muslim desa setempat, membaca shalawat sejak pagi hingga sore, layaknya umat muslim pada umumnya.

Namun yang unik, ada ribuan buah pisang, di antara para jamaah yang bershalawat tersebut. Di masjid ini, memang berbeda dengan warga pada umumnya. Saat memperingati Maulid Nabi, warga diwajibkan membawa buah pisang.

Satu keluarga biasanya membawa satu sisir buah pisang ke masjid. Usai membaca shalawat bersama, mereka kemudian membagi-bagikan pisang antar jamaah, yang hadir, baik dari kalangan dewasa atau anak kecil.

Tidak hanya itu, takmir masjid juga menyediakan buah pisang bagi warga yang tidak bisa hadir, baik  karena usia lanjut atau yang sedang sakit.

Tradisi Maulid Nabi dengan berbagi-bagi buah pisang ini, merupakan tradisi lama peninggalan nenek moyang yang masih terawat hingga saat ini. Saling berbagi antar sesama menjadi penyemangat warga untuk tetap melestarikan tradisi tersebut.

Selain bawa pisang, warga sekitar biasanya membawa makanan atau ambengan ke masjid, untuk dimakan bersama-sama. Tradisi ini masih dilakukan setiap tahun saat memperingati Maulid Nabi Muhammad.(end)




Berita Terkait


Tradisi Peringatan Maulid Nabi dengan Berbagi Buah Pisang

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber