Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Kolaborasi Jurnalis - Sastrawan Lahirkan Gerakan Puisi Tolak Korupsi
Minggu, 11-12-2016 | 04:27
Oleh : Herpin Pranoto
Ngawi pojokpitu.com, Memperingati Hari Korupsi Sedunia, sastrawan bersama jurnalis di Kabupaten Ngawi mengadakan kegiatan membaca puisi. Aktivitas ini, merupakan bagian dari gerakan moral menolak korupsi, melalui pendekatan budaya.

Aktivitas tersebut dilaksanakan di Gedung Ampi Teater Alun - Alun Merdeka Ngawi. Satu persatu jurnalis dari sejumlah media massa, mengeluarkan semua keberaniannya , saat membaca bait demi bait puisi , di panggung terbuka. Maklum, banyak peserta yang baru pertama kali tampil , di atas panggung untuk membaca puisi. Tema puisi yang dibaca , senada dengan Peringatan Hari Anti Korupsi.

Sejumlah sastrawan dan penyair , tak sekedar menonton saja, tapi juga memberikan penilaian terhadap aksi baca puisi. Tapi bukan nilai terbaik yang dikejar, tapi unsur pendidikannya, yang ditanamkan. Sebagai bagian gerakan ekstra parlemen, jurnalis dan sastrawan, merupakan bagian penting dalam mengkampanyekan gerakan anti korupsi.

Melalui kegiatan ini, diharapkan para jurnalis, bisa menghindari praktik korupsi, serta ikut mengkampanyekan gerakan anti korupsi. Ini dikatakan Ari, salah seorang wartawati. 

Gerakan puisi menolak korupsi, telah dilakukan ratusan sastrawan, khususnya penyair, sejak tahun 2013, dengan melakukan road show di 42 kota dan kabupaten. Tema gerakan tersebut, lebih mengutamakan pendekatan budaya. Ini dituturkan Didid Endro S, seorang penyair. 

Selain membaca puisi di kalangan jurnalis , juga akan dilakukan Parade Puisi Ngawi Putih, yang melibatkan banyak satrawan dan penyair, dari berbagai daerah.  Gerakan menolak korupsi juga mengajak berbagai kelompok masyarakat, untuk berkarya membuat puisi. Sejumlah karya terbaik, akan  diterbitkan dalam buku antologi puisi, yang sudah dicetak beberapa kali.(end)




Berita Terkait


Kolaborasi Jurnalis - Sastrawan Lahirkan Gerakan Puisi Tolak Korupsi

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber