Berita Terbaru :
Disporapar Gelar Lomba Cipta Masker
Tes Swab Guru SMP Hampir Selesai
Libur Panjang Jasa Penitipan Kucing Laris Manis
Wisata Edukasi Kayu Putih Manyung
Libur Panjang, Kampung Cokelat Terapkan Protokol Kesehatan yang Ketat
Polisi Ciptakan Laporan Kehilangan Via Aplikasi, Cegah Penyebaran Covid19
   

Wisata Kampung Susu, Wisata Edukasi Saat Liburan Sekolah
Mlaku - Mlaku  Senin, 05-12-2016 | 22:16 wib
Reporter : Agus Bondan
Tulungagung pojokpitu.com, Sebuah konsep bermain sambil belajar ditawarkan di wisata edukasi Kampung Susu di Tulungagung. Di tempat ini, pengunjung dapat mengetahui seluk beluk peternakan sapi perah, mulai belajar langsung memerah sapi, membuat olahan berbahan susu sapi hingga membuat energi alternatif biogas dari kotoran sapi.

Bahkan pengunjung juga dapat belajar menjadi dokter hewan serta berwisata menunggang kuda keliling. Sehingga tempat ini cocok untuk tujuan wisata alternatif liburan sekolah.
 
Wisata edukasi Kampung Susu di Desa Sidem, Kecamatan Gondang , Tulungagung, merupakan salah satu obyek wisata relatif baru yang berbeda dengan wisata lainnya.
 
Menurut pengelola wisata edukasi Kampung Susu, Ainis Saadah, gagasan membuat wisata ini karena saat menjadi peternak sapi perah, keuntungan yang di dapat hanya minim. Sehingga ia berinovasi membuka wisata edukasi sambil membuat olahan dari susu. Ternyata hingga saat ini, setiap hari Minggu atau liburan, pengunjung  yang datang tidak kurang dari seribu orang dan untuk setiap harinya, rata-rata seratus orang lebih.
 
Di wisata edukasi Kampung Susu ini yang memiliki 29 ekor sapi perah, anak-anak diajari langsung memerah sapi secara bergantian. Setelah puas memerah susu sapi, pengunjung diajak membuat olahan makanan berbahan susu sapi serta merawat sapi dan membuat energi alternatif biogas dari kotoran sapi. Tidak hanya itu saja, anak-anak juga di diajari berperan menjadi dokter hewan dengan mendeteksi detak jantung hewan. Di kawasan wisata edukasi Kampung Susu ini juga disediakan wahana berkuda di arena kuda dan hanya dengan tiket 10 ribu rupiah, pengunjung dapat menunggang kuda keliling arena berkuda sebanyak 3 kali dengan di pandu oleh pengelola.
 
Paket wisata edukasi ini ditawarkan dengan biaya 30 ribu hingga 50 ribu per anak dan bagi pengunjung tanpa mengikuti paket tersebut, tidak di pungut biaya namun mereka dapat menikmati keasrian wilayah pegunungan.
 
Untuk berkunjung ke wisata edukasi Kampung Susu, dari kota Tulungagung sejauh 15 kilometer kearah barat menuju Trenggalek. Sesampai di perbatasan Tulungagung - Trenggalek, anda belok ke kanan dengan mengikuti petunjuk arah menuju lokasi wisata yang terletak di Desa Sidem Kecamatan Gondang. (pul)
 
 


Berita Terkait

Wisata Kampung Susu, Wisata Edukasi Saat Liburan Sekolah
Berita Terpopuler
Polisi Ciptakan Laporan Kehilangan Via Aplikasi, Cegah Penyebaran Covid19
Teknologi  5 jam

Libur Panjang, Kampung Cokelat Terapkan Protokol Kesehatan yang Ketat
Mlaku - Mlaku  4 jam

Wisata Edukasi Kayu Putih Manyung
Mlaku - Mlaku  3 jam



Cuplikan Berita
Kebakaran Pemukiman Padat Penduduk, Dua Rumah Petak Ludes Terbakar
Pojok Pitu

Diduga Korsleting Listrik, Dua Kafe di Area Alon-Alon Kota Terbakar
Pojok Pitu

Terjatuh Dari Motor Curiannya, Pelaku Babak Belur Dimassa
Jatim Awan

Banjir Lahar Ganggu Aktivitas Warga dan Penambang
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber