Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Gus Ipul : Solusi Banjir Lamongan , Segera Bikin Plangwot
Sabtu, 03-12-2016 | 19:06
Oleh : Dewi Imroatin
Surabaya pojokpitu.com, Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf mengunjungi rumah penduduk korban banjir di Dusun Gendong, Desa Laren, Kecamatan Laren, Kabupaten Lamongan. Banjir setinggi lutut orang dewasa itu menggenangi sekitar 900 rumah warga.

Dalam sidaknya politisi yang akrab dipanggil Gus Ipul itu, didampingi Bupati Lamongan, Fadeli dan Wakil Bupati Lamongan, Kartika Hidayati. Selain melihat rumah penduduk, Gus Ipul juga melihat tanggul desa Laren yang jebol karena tergerus derasnya air sungai Bengawan Solo. 

Wagub Jatim Syaifullah Yusuf, menyampaikan, tanggul yang jebol ini dibangun oleh warga setempat untuk menahan luapan air Sungai Bengawan Solo, terutama jika musim hujan tiba. 

"Selama sepuluh tahun ini, desa Laren tidak pernah tergenang banjir. Baru kali ini dikarenakan tanggul yang dibangun warga jebol, tidak kuat menahan tingginya volume air Sungai Bengawan Solo," ujarnya.

Gus Ipul menuturkan, imbas dari jebolnya tanggul tersebut mengakibatkan 900 rumah penduduk di desa laren tergenang air. Bahkan terdapat sembilan desa yang terendam banjir. "Tingginya volume air tidak cukup kalau hanya mengandalkan tanggul buatan warga. Untuk itu, jumlah tanggul harus ditambah," katanya. 

Solusi lainnya, menurut Gus Ipul, yaitu menambah plangwot. Sekarang baru punya satu plangwot dengan tiga pintu air direncanakan akan dibangun 2 pintu air dari anggaran APBN. Satu plangwot itu berada di Desa Plangwot, Kecamatan Laren.

"Tingginya volume air menuntut adanya penambahan pintu air dikarenakan kondisi Stasiun Pintu Air (PA) Floodway Desa Plangwot, Kecamatan Laren PA Floodway tidak mampu mengurangi tingginya debit air yang sudah mencapai 14,12 pischal," ujarnya.

Gus Ipul menambahkan, penambahan pintu air sudah diusulkan ke pemerintah pusat. Tapi sampai sekarang angggaran Rp 400 miliar yang diajukan belum cair.

"Pemprov jatim akan terus mendesak Pemerintah pusat untuk segera mencairkan anggaran tersebut, karena itu memang sangat dibutuhkan," ungkapnya.(end)


Berita Terkait


Gus Ipul : Solusi Banjir Lamongan , Segera Bikin Plangwot

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber