Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Ratusan Kuda Ikut Festival Jaran Kencak
Jum'at, 02-12-2016 | 05:21
Oleh : Achmad Arif
Lumajang pojokpitu.com, Jika pada umumnya kuda kerap kali digunakan sebagai sarana transportasi atau olah raga, di Lumajang kuda justru bisa menari.

Kuda semacam ini diberi nama Jaran Kencak, atau kuda berjoged. Dalam even Hari Ulang Tahun Kota Lumajang, ratusan kuda mengikuti Festival Jaran Kencak.

Ratusan kuda dari berbagai daerah di Lumajang ini dikumpulkan di Stadion Wira Bhakti Lumajang. Sebelum akhirnya, Festifal Jaran Kencak ini dimulai.

Berbagai atraksi ditampilkan kuda - kuda terlatih tersebut. Kuda-kuda ini pun juga bisa melakukan berbagai gaya unik yang tak semua binatang bisa melakukannya, seperti berdiri, duduk dan tidur. 

Tak hanya tampil di arena saja, kuda-kuda ini pun juga diarak di sepanjang Jalan Kota Lumajang, warga yang datang pun terlihat antusias melihat kesenian khas Lumajang ini.

Sementara itu, panitia berharap Festival Kesenian Jaran Kencak ini dapat meningkatkan kecintaan warga Indonesia pada warisan budaya bangsa. Bahkan, dalam festival ini, para peserta akan mendapat hadiah tiga ekor kuda untuk masing-masing juara satu, dua dan tiga.

Kesenian Jaran Kencak atau kuda berjoged ini sudah resmi ditetapkan sebagai warisan budaya bangsa asal Kota Lumajang oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.(end)

Berita Terkait


Ratusan Kuda Ikut Festival Jaran Kencak

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber