Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Olah Raga 

Gubernur Papua Lukas Enembe. Jpnn
Waw, PON di Papua Butuh Biaya Rp 5,4 Triliun
Rabu, 01-04-2015 | 12:44 wib
Oleh :
Jayapura pojokpitu.com, Penyelenggaraan PON XX di Papua tahun 2020 ternyata membutuhkan biaya yang cukup jumbo. Ya, untuk penyediaan prasarana venue even olahraga terbesar di tanah air itu, pemerintah harus mengeluarkan dana sekitar Rp 5,4 triliun.

Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan sumber pembiayaan utama PN XX adalah dari APBN, APBD Provinsi Papua, sharing kabupaten/kota penyelenggara PON XX dan dukungan seluruh kabupaten setempat tahun anggaran 2016-2018.

"Penyebaran lokasi perlombaan cabang olahraga (cabor) di antaranya ada di Koya Koso-Kota Jayapura, Kampung Harapan-Kabupaten Jayapura, Wamena-Kabupaten Jayawijaya, Biak-Kabupaten Biak Numfor, Timika-Kabupaten Mimika dan Merauke," katanya.

Lukas menjelaskan, di Koya Koso akan dibangun stadion utama untuk pembukaan PON XX. Selain itu akan dibangun juga istana olahraga, GOR (PABBSI), GOR Bola Voli, lapangan pemanasan atletik, lapangan dan stadion bisbol/sofbol, stadion dan tiga lapangan tenis, lapangan panahan dan arena sepatu roda.

"Ada juga pembangunan jogging track, asrama atlet di Mandala, lapangan latihan sepak bola, rehab GOR Waringin, Cenderawasih, Mandala, Uncen dan SGO," ujarnya.

Dia menuturkan, untuk kawasan olahraga di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura meliputi pembangunan velodrome balap sepeda, lapangan menembak, jogging track, lapangan kriket, kolam selam atau renang, pembangunan tribun, jembatan lomba dayung dan ski air, serta pembangunan wisma atlet. Selain itu akan ada juga rehab stadion Bas Youwe, GOR Yoware dan asrama atlet.

"Untuk Wamena meliputi pembangunan lapangan sepatu roda, wisma atlet dan jogging track. Sedangkan di Biak meliputi pembangunan tribun dan lapangan balap motor, tribun dan lapangan hoki serta prasarana pendukung lomba airsport," kata Lukas.

Dia menambahkan untuk Timika meliputi rehab GOR dan pembangunan lapangan bulu tangis kurang lebih tiga lapangan lagi. Di Merauke pembangunan meliputi rehab GOR untuk cabor wushu, rehab lapangan untuk equestrian (berkuda), pembangunan lanjutan stadion katapal dan pembangunan GOR.(ant/rr/mas/JPNN/pul)



Berita Terkait


Penumpang Terminal Seloaji Ponorogo Membludak

Kurang Hati-Hati, Penjemput Pemudik Tabrak Sepeda Motor

Puluhan Siswa-Siswi SMALB Kemala Bhayangkari Ikuti Kegiatan Pondok Ramadhan

Akibat Cuaca Buruk, Dermaga Ponton Jebol


Festival 1001 Ketupat Diarak Warga Ponorogo

Penumpang Terminal Seloaji Ponorogo Membludak

Soal Rumor Ditawari Kursi Menteri, Demokrat dan PAN Beri Respons Begini

Penumpang Terminal Seloaji Ponorogo Alami Kenaikan

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber