Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Icip - Icip 

Nasi Sambal Bunga Kecombrang, Masakan Herbal untuk Kesehatan
Senin, 21-11-2016 | 07:24
Oleh : Arip Purwanto
Surabaya pojokpitu.com, Tahukah anda bunga kecombrang sedap untuk dikreasikan menjadi aneka masakan? Bunga yang luar biasa harum dan memiliki rasa sedikit asam segar ini ternyata cocok dicampurkan ke dalam masakan bumbu sambal ikan teri.

Tak banyak mungkin yang mencoba, bahkan mengenal bunga kecombrang. Bunga ini juga sulit dicari di pasar. Namun, kini anda bisa mencicipinya di sebuah restoran salah satu  hotel di Jalan Pandegiling - Surabaya.  

Melalui tangan kreatif juru masaknya, bunga honje atau bunga kecombrang ini disulap menjadi masakan lezat. Nasi Sambal Bunga Kecombrang namanya. Menu ini semakin istemewa karena didampingi oleh urap-urap kecombrang, daging rica-rica, tumis kakap kecombrang, sate lilit kecombrang serta sambal teri kecombrang.

Cara memasak menu ini sangat mudah, cukup siapkan bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, cabe rawit, daging ikan kakap, batang serai, gula, garam, merica dan tentunya bunga kecombrang. 

Langkah pertama, iris kecil bawang merah, bawang putih, cabai, lengkuas dan bunga kecombrang. Setelah itu panaskan minyak. Masukan  irisan bumbu tadi satu per satu ditambah  ikan kakap, tumis dan biarkan hingga mengeluarkan bau harum. Agar tidak gosong kasih air putih secukupnya. selanjutnya bikin sambal mentah teri dengan mencampur , irisan bawang merah, tomat dan cabai rawit. 

Sebagai lauknya, giling bunga kecombrang dengan bumbu diatas,  remas remas dengan tusuk batang serai. Bakar hingga matang dan berwarna kecoklatan.  Agar lebih nikmat sajikan dengan dengan nasi putih, urap urap, dan sambal teri kecombrang . heemmm nasi kecombrang pun siap disantap. Demikian dipaparkan Ervin Triana , sang juru masak.

Bunga kecombrang sendiri sebelum dimasak memiliki aroma khas yang hampir menyerupai bunga melati. Namun dalam masakan yang disajikan wangi ini akan hilang, karena telah dinetralisir oleh bumbu rempah dan masakan pedas. Ketika dimakan tak ada rasa pahit yang bisa dirasakan dari bunga tersebut.  Jadi benar-benar nikmat dan layak dicoba makanan khas rumahan ini.

Bunga kecombrang sendiri dipercaya memiliki khasiat yang cukup besar seperti untuk menetralisir tekanan darah tinggi, menekan gejala penyakit jantung, menguatkan tulangan gigi serta masih banyak khasiat lain. (end)

Berita Terkait



Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber