Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Gempa Jatim Terasa Hingga Pulau Bali, BMKG Memprediksi Akan Terjadi Gempa Susulan
Kamis, 17-11-2016 | 16:09
Oleh : Mujianto Primadi
Sidoarjo pojokpitu.com, Gempa bumi yang terjadi Rabu malam dengan kekuatan 6,2 SR yang terjadi di Tenggara Kabupaten Malang Jawa Timur, terasa hingga Bali. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Jatim, gempa yang terjadi akibat pergerakan lempengan induk Australia ini dimungkinkan akan memicu terjadinya gempa susulan dengan kekuatan lebih kecil.

Sementara sejumlah daerah yang cukup terdampak gempa Jatim ini, selain di kawasan Malang selatan, juga terjadi di sejumlah kota di sepanjang laut selatan, seperti Jember, Lumajang, Blitar, Bondowoso, dan Pacitan-Jawa Timur.

Menurut Taufik, Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Jatim, gempa yang terjadi di tenggara Kabupaten Malang ini merupakan gempa terbesar yang terjadi dalam kurun waktu 6 bulan terakhir.
 
Selain dirasakan cukup besar di kawasan Malang selatan, gempa yang terjadi akibat pergerakan lempeng induk Australia ini, juga dirasakan cukup besar di kawasan Lumajang, Jember, Blitar, Bondowoso, hingga Pacitan-Jawa Timur.
 
Bahkan dari hasil pantaua BMKG Juanda, gempa ini juga dirasakan hingga ke Pulau Bali, khususnya wilayah Kuta, Denpasar, dan Singaraja.
 
Meski tidak berpotensi tsunami, namun BMKG memprediksi, akan terjadi gempa susulan yang besarannya lebih kecil dibanding gempa sebelumnya.(end)

Berita Terkait

03-03-2016 | 10:01
Ahli Geologi Ingatkan Gempa Susulan di Padang


Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber