Berita Terbaru :
Petugas PPDP Temui Kendala Saat Mencoklit Data Pemilih
   

Kontes Robot Pintar Berbahan Dasar Limbah Elektronik
Tapal Kuda Dan Madura  Selasa, 08-11-2016 | 05:27 wib
Reporter : Chofi Zamani
Jember pojokpitu.com, Kontes robot line follower tingkat nasional yang digelar di Jember, Jawa Timur, diikuti ratusan pelajar dan mahasiswa se- Indonesia. Lomba yang dibagi dua kategori robot analog dan mikro kontrol ini, mengharuskan robot mampu berjalan mengikuti garis sensor di lintasan.

Ratusan pelajar dan mahasiswa se-Indonesia berlomba dalam kontes robot line follower, yang diselenggarakan Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jember, Jawa Timur.

Kontes yang memperlombakan dua kategori, robot analog dan mikro kontrol, yang dirangkai dengan bahan dasar bekas dan limbah elektronik ini, mengharuskan robot mereka dapat berjalan sesuai garis sensor di lintasan.

Rata-rata peserta mampu merangkai satu unit robot dengan perangkat lunak yang dikontrol dengan program komputer ini, membutuhkan waktu satu bulan.

Teknologi robot ini sendiri, bisa diaplikasikan ke berbagai aspek untuk memudahkan pekerjaan manusia, antara lain untuk teknologi pembuatan robot pemadam api, penjinak bom, hingga yang paling sederhana, yakni sensor mobil.

Per unit robot line follower ini, hanya membutuhkan biaya tak lebih dari Rp 1 juta. Mereka tak harus membeli perangkat keras baru, namun memanfaatkan limbah elektronik, antara lain roda penggerak, memanfaatkan roda mobil tamiya yang rusak, tempat perangkat, menggunakan papan plastik atau papan kayu tipis.

Kontes ini diharapkan mampu membawa dampak bagi kreatifitas pelajar dan mahasiswa untuk menciptakan berbagai karya teknologi terbaru yang bisa dimanfaatkan di kehidupan sehari hari.(end)

Berita Terkait

Kontes Robot Pintar Berbahan Dasar Limbah Elektronik
Berita Terpopuler


Cuplikan Berita
Ratusan Ibu Hamil Swab Massal di Gelora Pancasila
Pojok Pitu

Begini Pengakuan Bupati Menanggapi Pemakzulan DPRD Jember
Pojok Pitu

Jual Beli Tebu Diluar Pabrik Meresahkan PG Lestari
Jatim Awan

Dampak Pandemi, 68 Ribu Warga Bojonegoro dan Tuban Menunggak Iuran BPJS
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber